Sabtu, 19 Agustus 2017 | 20:12

Rektor IAIN STS Jambi Dukung Penuh Perkembangan Bank Syariah

Penyerahan buku oleh Kepala Riset Kebanksentralan & Penelitian Ekonomi Syariah BI, Andang Setia Budi (kiri) kepada Rektor IAIN STS Jambi, Hadri Hasan (kanan) ||LERY

KOTA JAMBI- Rektor IAIN STS Jambi, Dr. Hadri Hasan, M.A mendukung perkembangan bank syariah dan mengharapkan produk- produk yang dikeluarkan bank syariah lebih bervariatif lagi guna menarik perhatian masyarakat.
Bertempat di Ballroom Swiss- belhotel Jambi, Ia juga memberikan apresiasi yang besar atas peluncuran buku “Perjalanan Perbankan Syariah di Indonesia”(13/12/16).

Dalam acara seminar dan sosialisasi buku tersebut, rektor juga menekankan pentingnya perbankan yang berdasarkan syariah bagi umat muslim Indonesia karena applicable (red: dapat diterapkan), mudah dipahami dan independen sehingga tidak diragukan kesesuaiannnya dengan konsep keuangan Islam. “Kalau bisa kata ‘syariah’ terus dipertahankan. Bagi ulama fiqih, kata syariah adalah kata kunci yg sangat mendasar. Seperti halnya kata Ibnul Qayyum “Syariah is all about justice, mercy and wisdom”. Jadi bank syariah itu menjadi sangat prinsipil,” jelasnya.

Di tahun 2013 bank syariah di Indonesia sudah berhasil menarik 18 juta orang nasabah. Pencapaian ini tentu saja lumayan bagus sejak awal mula berdirinya bank syariah pertama di Indonesia, yaitu bank Muamalat di tahun 1999 silam.

Keberadaan bank syariah juga bisa menghantarkan Indonesia mencapai dan memperoleh beberapa penghargaan internasional seperti the biggest retail Islamic banking di dunia di tahun 2013,  dan di tahun 2014 Indonesia bersama beberapa negara muslim diproyeksikan sebagai faktor penggerak dibelakang gelombang besar Islamic finance di dunia. Indonesia juga menjadi tempat belajar tentang perkembangan keuangan syariah Global.
Dan di tahun 2012 Bank Indonesia (BI) terpilih menjadi the best central bank in promoting Islamic finance. Dengan kata lain, perbankan syariah di Indonesia sudah menjelma menjadi kiblat baru perbankan syariah secara global. (Lery)

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.