Rela Susuri Sungai Batanghari, HBA Salurkan Sembako dan Bedah Rumah

Penulis : Tim Liputan || Editor : Doddi Irawan

INFOJAMBI.COM — Memperingati Hari Relawan, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jambi, H Hasan Basri Agus (HBA) membagikan sembako di tiga desa dalam Kabupaten Muarojambi, Rabu, 30 Desember 2020.

Sebelum penyerahan bantuan, HBA memimpin upacara di depan Markas PMI Provinsi Jambi, di Jalan Selamet Riyadi, Kecamatan Danausipin, Kota Jambi.

Hari Relawan diperingati setiap tanggal 26 Desember. Hari Relawan ditetapkan oleh Presiden RI keempat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada tahun 2005, sebagai bentuk penghargaan kepada para relawan PMI.

“PMI menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh relawan di Provinsi Jambi yang telah menjadi ujung tombak dalam misi kemanusiaan,” kata HBA.

HBA mengungkapkan, selama beberapa bulan terakhir, ketika pandemi Covid-19 melanda Indonesia, para relawan berada di garis terdepan memberikan sumbangsih kemanusiaan dan mengkampanyekan pencegahannya di masyarakat.

PMI di Provinsi Jambi tahun ini terus bergerak menjalankan fungsi dan perannya di tengah masyarakat, seperti bencana kebakaran hutan dan lahan, kekeringan, banjir, pembagian masker, pendirian rumah bebas asap, pembagian vitamin dan susu bagi anak-anak, cek kesehatan serta distribusi air bersih.

Khusus saat pandemi Covid-19, para relawan melakukan penyemprotan desinfektan di 1.350 titik, dan menyalurkan 15.850 masker. Juga membagikan tujuh unit alat cuci tangan, mendistribusikan 2.750 wipol dan 150 alat pelindung diri serta 30 unit handsptauer.

“Sampai sekarang para relawan masih berperan aktif. Sudah selayaknya para relawan mendapat perlindungan memadai selama bertugas di lapangan,” tegas Gubernur Jambi periode 2010 – 2015 ini.

Dalam peringatan Hari Relawan ini HBA bersama sejumlah pengurus lainnya berkunjung ke Desa Manismato, Kecamatan Tamanrajo, Muarojambi melalui jalur sungai. HBA dan rombongan disambut oleh camat, kepala desa dan para tokoh masyarakat.

Pengurus PMI Provinsi Jambi yang dipimpin langsung oleh HBA menggelar pertemuan di Balai Desa Manismato. Di sini HBA menyerahkan lagi bantuan 200 paket sembako, bedah rumah, dan santunan kepada anak yatim piatu.

Bantuan sembako diberikan untuk warga Desa Londrang, Rondang dan Manismato. Sedangkan bedah rumah diberikan kepada Jangcik, kakek berusia 69 tahun.

BACA JUGA : Kunjungi Tiga Desa di Sungaigelam, Ini Dilakukan HBA…..

Camat Tamanrajo dan Kades Manismato sangat berterima kasih kepada PMI Provinsi Jambi yang peduli pada masyarakatnya, apalagi saat ini dalam suasana pandemi covid-19.

“Semoga PMI selalu jaya dan maju,” ucap Kades Manismato, Nurkholis. ***

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.