Sabtu, 15 Desember 2018 | 23:32

Relawan dan Masyarakat Ujung Tombak Penanganan Bencana

Penulis : Teguh
Editor : M Asrori S

Pj Sekda Merangin, H Hendri Maidalef, menyematkan tanda peserta pelatihan dasar manajemen BPBD.

INFOJAMBI.COM – Puluhan relawan dan masyarakat Kebupaten Merangin, Rabu (28/11/2018) mengikuti pelatihan dasar manajemen bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berlangsung di aula hotel Cantika, dibuka Pj Sekda Merangin, H Hendri Maidalef.

‘’Kabupaten Merangin memiliki kondisi wilayah geografis dan hidrologi yang memungkinkan sewaktu-waktu terjadi bencana,’’ ujar Pj Sekda.

Bencana itu lanjut Pj Sekda, baik disebabkan oleh faktor alam, non alam, maupun faktor manusia, seperti baik banjir, longsor, puting beliung, kebakaran dan berbagai bencana lainnya, harus cepat ditangani.

“Pelatihan ini penting, terutama guna meminimalisir dampak korban dan luasan bencana serta percepatan dalam penanganan bencana, karena itu relawan dan masyarakat merupakan ujung tombak,’’ tegas Pj Sekda.

Para relawan dan masyarakat yang menjadi peserta pelatihan, diharapkan bisa berfungsi melakukan kajian secara cermat dan tepat di lokasi bencana, membantu satuan koordinasi perlaksana BPBD Kabupaten Merangin.

Bantuan itu penting dalam pengaktifkan kembali posko penanggulangan bencana dalam memperlancar koordinasi dengan seluruh sektor terkait dalam penanganan bencana.

Selain itu, diharapkan relawan dan masyarakat bisa melakukan pemetaan daerah rawan bencana, mambuat laporan kejadian bencana dan melaporkan bencana ke dinas terkait.

“Pelatihan ini merupakan bagian dari penanggulangan bencana. Saya berharap, agar peserta dapat mengikuti dan memahami materi yang disampaikan oleh narasumber, sehingga sangat bermanfaat,’’ pinta Pj Sekda.***


Kategori Merangin

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.