Senin, 17 Desember 2018 | 22:06

Rendy : Cegah Banjir di Jambi, Pemda Perlu Kelola Sampah

Laporan Bambang Subagio

Anggota Komisi V DPR RI, Rendy M Affandy Lamadjindo.

INFOJAMBI.COM – Anggota Komisi V DPR RI, Rendy M Affandy Lamadjindo, mengatakan, mesin pengendali banjir bukan solusi utama dalam memecahkan permasalahan terjadinya banjir pada suatu daerah.

Menurutnya, perlu peran serta pemerintah daerah dan masyarakat dalam mengelola sampah, sekaligus kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan, apalagi di sungai.

“Cegah terjadinya banjir perlu peran pemerintah daerah dan masyarakat mengelola sampah. Mesin pengendali banjir hanya solusi pelengkap,” kata Rendy saat mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI, meninjau pembangunan prasarana pengendali banjir Sungai Batanghari di Pasar Angso Duo, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Selasa (23/10/2018).

Menurut wakil rakyat tiga periode itu, memberikan apresiasi dengan penyelesaian proyek pengendali banjir di Kota Jambi ini. Namun, menurutnya pengelola harus memperhatikan jumlah truk pengangkut sampah, yang dinilainya, masih kurang.

“Pengendalian banjir melalui mesin pemungut sampah, yang perlu diperhatikan adalah jumlah sampah dengan truk pengangkut harus diseimbangkan. Saya melihat tidak seimbang antara angkutan sampah dengan besar jumlah sampah yang didistribusikan ke truk,” kata legislator dapil Sulawesi Tengah itu.

Anggota PDI Perjuangan itu, menyambut positif program Pemda Jambi, yakni menampung sampah di sungai-sungai di dalam kota yang bisa tertampung dan tidak ke sungai-sungai.

“Hal ini bisa digunakan untuk kota-kota lainnya di Indonesia, karena sangat efektif untuk penampungan pertama sebelum masuk ke sungai-sungai besar,” katanya.***

Editor : M Asrori S


Kategori Nasional

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.