Resmi Ditutup, TMMD Labuhan Pering Berhasil Bangun Jalan hingga Bedah Rumah

Penulis : Tim TMMD || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 108 Kodim 0419/Tanjab resmi ditutup, Rabu (29/7/2020) di Ruang Pola Utama Kantor Bupati Tanjab Timur. Hasil TMMD selama sebulan berhasil membangun jalan sepanjang 10.695 meter, dan empat rehab rumah tidak layak huni.

Komandan Kodim 0419/Tanjab, mengatakan TMMD kali ini mengambil tema “TMMD Pengabdian Untuk Negeri.” Makna yang terkandung dari tema itu yakni TNI bersama dengan pemerintah daerah dan masyarakat, secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan terhadap fasilitas umum dan sosial. Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selama sebulan prajurit, pemerintah daerah, dan segenap komponen masyarakat saling bahu-membahu bersama-sama menyelesaikan program TMMD. ”Kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam menyiapkan ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara,” katanya.

Pembangunan sasaran fisik berupa rehab infrastruktur, Pembukaan Jalan Baru sepanjang 10.695 M, Pembuatan Sumur Bor 1 Unit, Bedah Rumah sebanyak 4 unit, Rehab Lapangan Sepakbola 1 Unit, dan Rehab Masjid At-Taqwa 1 Unit.

Selain pencapaian program sasaran fisik, juga diimbangi dengan pencapaian sasaran nonfisik. Berupa Kegiatan Bakti Sosial yakni Pengobatan Massal, Pemeriksaan Iva Test dan Sunatan Massal.

Disamping itu Pemberian Bahan Kontak berupa Masker sebanyak 2.000 Pcs, Alat semprot Desinfektan 2 Unit, dan penyiapan Sarana/Tempat Cuci Tangan Portable 5 Unit, pemberian Sembako 200 Paket.

Juga berbagai Kegiatan Penyuluhan, diantaranya Pencegahan COVID-19, Pertanian, Perkebunan, Perikanan dan Kelautan, Wasbang dan Karhutla, Pemilu Damai, Narkoba, KB, Paket C, Sertifikasi Lahan / Tanah, serta penyuluhan tentang UU ITE.

”Pembangunan nonfisik ini dibutuhkan dalam rangka membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa,” tuturnya.

Pelaksanaan Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke – 108 di wilayah Kodim 0419/Tanjab tahun 2020, dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. ***

Kategori Tanjung Jabung Timur

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.