Jumat, 16 November 2018 | 10:36

Rivaldo Ferre Pukau Penonton Sepakbola Indonesia

Laporan Bambang Subagio

Todd Rivaldo Ferre.

INFPJAMBI.COM – Tim Nasional Indonesia U-19 harus mengakui keunggulan Qatar, dengan skor 5-6 pada laga penyisihan grup C Piala AFC U-19 2018, di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan Jakarta, Minggu (21/10/2018).

Meski kalah, aksi individu memukau seorang pemain asal Papua, Todd Rivaldo Ferre, mencuri perhatian dan membuat seluruh penonton GBK terpesona dengan mencetak hattrick.

Masuk di menit ke-54, menggantikan Rafli Mursalim, yang tak optimal bermain di babak pertama, Rivaldo mencetak tiga gol melalui aksi individu brilian dan proses berbeda. Rivaldo juga merupakan aktor pemain yang membuat timnas Indonesia, bangkit mengejar ketinggalan dari Qatar.

Meski kalah, pada laga ini Garuda Nusantara menunjukkan mental yang baik, setidaknya mampu mengejar defisit gol, saat tertinggal 1-6.

Gol pertama Rivaldo, diciptakan melalui tendangan bebas di menit ke-65 yang dilanjutkan gol kedua, melalui aksi solo run memukau dan sensasional di menit ke-73. Gol ketiga dicetak Rivaldo lewat aksi individu dan berhasil melewati beberapa pemain belakang Qatar termasuk kiper Qatar Salah Zakaria Hasan.

Nama Todd Rivaldo Ferre, mulai dikenal dikancah sepak bola nasional saat dinobatkan menjadi pemain terbaik Liga 1 U-19 musim 2017. Sebelum terjun di sepak bola, Todd Rivaldo, mengawali karier sebagai pemain futsal.

Pemain berusia 19 tahun ini, serius menekuni futsal saat menimba ilmu di SMA Negeri Khusus Olahraga Papua. Talenta Todd Rivaldo juga sempat menghiasi Liga Futsal Nusantara 2017. Persipura kemudian melirik talenta Todd Rivaldo untuk masuk ke tim U-19.

Sosok yang mengidolakan Boaz Solossa ini, menjadi pahlawan Persipura U-19, ketika menjadi juara Liga 1 U-19 tahun 2017. Pada partai final, gol tendangan bebas Todd Rivaldo ke gawang Persib U-19 menjadi penentu gelar juara Persipura.

Pelatih Persipura saat itu, Peter Butler, kemudian memanggil Todd Rivaldo Ferre, untuk bermain di tim senior. Performa moncer di Liga 1 U-19 2017 membuat Todd Rivaldo dipanggil Indra Sjafri ke timnas U-19 Indonesia, untuk mengikuti Piala AFF U-19 awal Juli lalu.

Usai laga kemarin, Todd Rivaldo mengaku bersyukur bisa mencetak gol dan sempat mengembalikan asa, untuk bisa meraih kemenangan. Keberhasilan mencetak tiga gol itu, memotivasinya untuk bisa tampil lebih baik saat Timnas U-19 harus menjalani laga penentuan kontra UEA pada Rabu (24/10/2018).

“Bersyukur, karena semua terjadi berkat Tuhan. Semua itu bukan karena saya, tapi karena Tuhan. Mungkin tadi kami kurang fokus dibabak pertama. Kami punya motivasi dipertandingan terakhir, agar bisa meraih kemenangan. Kami harus bisa menang agar bisa lolos ke babak berikutnya,” tambahnya.

Kecemerlangan Todd Rivaldo Ferre, dibabak kedua laga kontra Qatar membuat banyak kalangan yang mengharapkannya bisa menjadi starter, saat menghadapi UEA di laga pamungkas penyisihan Grup A itu. Namun, Rivaldo menyerahkan semua kepada Indra Sjafri.

“Harapan menjadi starter pasti ada. Namun, semua menjadi keputusan pelatih. Apa yang pelatih yakini, kami sebagai pemain hanya menjalankan. Kalau dipercaya pelatih, saya pasti siap,” katanya.
Nama Lengkap: Todd Rivaldo Ferre
Lahir: 15 Maret 1999 (usia 19 tahun)
Klub: Persipura Jayapura
Posisi: Gelandang
No Punggung: 46 (Persipura), 22 (Timnas U-19)
Gol bersama Timnas U-19: 5 gol.***

Editor : M Asrori S


Kategori Olahraga

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.