Romi Pastikan Bangun Jembatan Nipah-Sadu, Berharap Dewan Setuju

PENULIS : WILLY
EDITOR : WAHYU NUGROHO

Bupati Romi Hariyanto (depan)(foto Willy)

INFOJAMBI.COM – Jembatan penghubung antara Kecamatan Nipah Panjang dan Kecamatan Sadu dipastikan mulai dibangun tahun ini.

Kepastian itu diucapkan langsung bupati Romi Hariyanto saat meresmikan jembatan Airhitam di Desa Airhitamlaut Kecamatan Sadu, pada Sabtu (20/7/2019) pagi.

Romi bahkan mengatakan sudah mempersiapkan nama jembatan tersebut yakni jembatan Anisa, yang merupakan singkatan dari jembatan Antara Nipah – Sadu.

Jembatan Anisa direncanakan dibangun dengan anggaran multiyears. Diperkirakan menelan anggaran Rp 148 hingga 155 miliar, Romi mengatakan masih menunggu persetujuan DPRD. Soal pendanaan ini, Romi juga masih berharap Pemprov Jambi konsisten dengan apa yang pernah dijanjikan gubernur Fachrori Umar beberapa waktu lalu.

“Tentu kita sangat berharap Pemprov Jambi membantu niat baik ini. Pak Gubernur janji bantu kan 40 miliar. Kita harap bisa lebih lah biar lebih cepat selesai,” kata bupati di hadapan warga Desa Airhitamlaut.

Jembatan Anisa sendiri dibangun memang untuk menyelesaikan konektivitas 11 kecamatan yang ada di Tanjabtim. Hanya Sadu satu – satunya kecamatan yang belum bisa diakses via darat. Padahal, di kecamatan ini tersebar delapan desa dan satu kelurahan dengan berbagai potensi dasar yang butuh dukungan transportasi darat.

Di kecamatan ini pula mulai dibangun mega proyek Pelabuhan Ujungjabung. Kecamatan ini pula yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Selatan.

Selain kaya akan perkebunan dan pertanian, sebagai besar wilayah kecamatan ini juga punya potensi pariwisata yang belum tergarap optimal. Sebut saja hamparan pantai Cemara di Desa Sungaicemara. Di sini juga terkenal sebagai persinggahan burung migran lintas benua. Sejumlah desa di kecamatan ini juga berbatasan dengan Taman Nasional Berbak (TNB) yang merupakan salah satu paru – paru dunia. Saban bulan Syafar di Desa Airhitamlaut berlangsung ritual budaya Mandi Syafar.

Keberadaan jembatan Anisa dipercaya sangat strategis sebagai penyokong kemanjuan kecamatan Sadu.

Menurut Bupati Romi, pembangunan jembatan Anisa ini adalah janji yang harus ditepati sebagai salah satu upaya meretas keterisolasian wilayah. “Sepuluh kecamatan yang ada sudah terhubung, tinggal Sadu ini saja yang belum,” jelasnya.

Romi berharap seluruh anggota DPRD Tanjabtim mendukung rencana ini. Romi yakin sebagai wakil rakyat, para legislator itu akan sepakat soal pentingnya jembatan Anisa.

“Kita akan ajukan segera ke dewan, tentu dengan kajian komprehensif, agar dapat diprioritaskan tahun ini dan tahun depan. Insya Allah ini bisa disetujui, mohon doa seluruh masyarakat,” kata Romi.

Sabri, Kepala Desa Airhitamlaut, menyambut baik rencana dibangunnya jembatan Anisa.

Menurut kades nyentrik ini, jembatan Anisa menjadi jawaban atas tingginya biaya transportasi orang dan barang baik dari Sadu maupun keluar Sadu. “Selama ini yang mahal itu biaya menyeberang. Apalagi kalau yang diangkut itu barang dengan jumlah besar.

Yang selama ini dikeluhkan petani kita, karena itu kami segenap warga Desa Airhitamlaut sangat mendukung direalisasikannya jembatan Anisa ini,” kata Sabri dengan penuh semangat.

Ketua MUI Tanjabtim yang juga tokoh masyarakat Kecamatan Sadu, KH As’ad Arsyad, ditemui dalam perjalanan mendampingi Bupati Romi ke Sadu pada Sabtu (20/7/2019) siang, juga sepakat bahwa jembatan Anisa adalah jawaban atas harapan segenap warga delapan desa dan satu kelurahan dalam kecamatan Sadu yang selama ini belum terjawab.

“Jembatan itu merupakan nadi perekonomian. Selama ini sebagian masyarakat Sadu lebih memilih berinteraksi ekonomi ke Sumsel dan Kepri. Misalnya hasil perikanan dan pertanian. Dengan adanya jembatan Anisa itu jelas akan mampu menjadi alternatif utama karena terkait erat dengan efisiensi biaya transportasi,” ucap As’ad.

Sama seperti bupati Romi, As’ad berharap pembangunan jembatan ini disetujui DPRD dimulai tahun ini.***

Kategori Tanjung Jabung Timur

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.