Romi Perintahkan Sigap Tangani Korban Kebakaran Simburnaik

INFOJAMBI.COM — Usai mengunjungi para korban musibah kebakaran, Bupati Tanjung Jabung Timur, H Romi Hariyanto, langsung mengadakan rapat terbatas, di Masjid Raya Al Ittihad, Desa Simburnaik, Rabu (15/11/2017).

Rapat diikuti BPBD Provinsi Jambi , BPBD kabupaten Tanjabtim, Kapolsek Muarasabak Timur, Perwira Penghubung Kodim 0419/Tanjab, Kadis Sosial dan Perlindungan Anak, Camat Muarasabak Timur, Kepala Desa Simbur Naik dan sejumlah perwakilan OPD setempat.

Dalam rapat tersebut Romi menegaskan agar penanganan para korban harus dilakukan dengan cepat, sigap dan berkualitas. Romi bahkan memerintahkan para petugas terkait tidak boleh meninggalkan lokasi sampai keadaan stabil dan kondusif. Terutama para korban yang butuh penanganan medis.

“Saya minta mereka terus didampingi sampai keadaannya pulih. Mereka butuh support kita, saya minta semua yang terkait tidak boleh meninggalkan lokasi,” kata Romi.

Selain penanganan darurat berupa dapur umum, obat-obatan, tenda pengungsian, Romi minta bantuan perlengkapan sekolah anak-anak bisa disegerakan. Romi tak ingin anak-anak terlalu lama libur akibat kejadian ini.

“Mereka harus segera kembali ke sekolah, supaya dapat membantu proses pemulihan psikis mereka yang sebagian mungkin trauma,” ucapnya.

Romi juga menghubungi kepala BKD (Badan Keungan Daerah) Nusirwan yang sedang di luar kota untuk memastikan agar bantuan terhadap para korban bisa disegerakan.

Dari komunikasi yang diloudspeaker itu, Romi minta agar bantuan disusahkan cair paling lambat minggu depan. Dia juga minta Nusirwan untuk mengestimasi secara akurat jumlah bantuan. Diketahui, untuk rumah yang terbakar diperkirakan mendapat alokasi bantuan masing – masing sebesar sepuluh juta rupiah.

“Pastinya nanti menunggu estimasi BKD dan BPBD,” jelas Romi.

Kebakaran hebat terjadi di Desa Simburnaik Kecamatan Muarasabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur, dini hari tadi, Rabu (11/11) sekitar pukul 01.45.

Rumah yang terbakar 73 unit, sarang walet 1 unit, dan dua rumah dirobohkan untuk melokalisir api. Para korban terdiri dari 77 KK atau 265 jiwa. Saat ini para korban sudah diungsikan ke rumah tetangga dan saudara.

Lokasi kebakaran adalah perkampungan padat penduduk, hampir semua bangunan berbahan kayu dan berusia relatif tua.

“Kami akan terus update data, semoga hari ini bisa final,” tandas Heri Nazaruddin. (Willy Bronson — Tanjung Jabung Timur)

 

Kategori Kesehatan

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.