RS DKT Bratanata Operasikan Laboratorium PCR untuk Corona

Penulis : Rilis || Editor : Wahyu Nugroho

INFOJAMBI.COM – Rumah Sakit DKT Bratana Jambi, sudah dapat memberikan layanan pemeriksaan swab PCR (polymerase chain reaction) untuk Covid-19.

Sebagaimana yang disampaikan pada rilis tertulis dari Penrem 042/Gapu bahwa Rumah Sakit Bratanata Jambi, pada Kamis (19/11/2020), telah diresmikan Polymerase Chain Reactio (PCR), dan bersamaan pula dengan peresmian AKPER Garuda Putih yang berubah nama menjadi STIKES (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan) Garuda Putih.

Peresmian tersebut dihadiri langsung oleh Komandan Korem 042 Garuda Putih, Brigadir Jenderal TNI M. Zulkifli, SIP. MM, Kepala Kesehatan Kodam II/Sriwijaya Kolonel CKm. dr. Asep Usmanto Sukarsa, Sp.B, Komandan Denkesya 02.04.02. Letkol CKm. dr. Ketut Mahendra. B, Sp.An, Ketua Stikes Garuda Putih Lettu CKm. Ns. Bettrianto, S.Kep, M.Kes, Kepala Rumah Sakit Bratanata Mayor Ckm. dr. Arwansyah Wanri, SP.THT.Mars, Asisten II Setda Jambi Agus Sunaryo, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, serta tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kesehatan Kodam II/ Sriwijaya, Kolonel CKm. dr. Asep Usmanto Sukarsa, Sp.B, mengatakan Rumah Sakit DKT Bratanata mendapatkan bantuan dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia berupa Kontainer Laboratorium PCR.

“Sebelumnya saya ucapkan terima kasih karena telah berkenan hadir dalam acara peresmian Rumah Sakit Tingkat IV Dokter Bratanata sekaligus peresmian AKPER Garuda Putih menjadi STIKES Garuda Putih,” katanya.

Dikatakannya, Polymerase Chain Reaction sendiri adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel bakteri atau virus, dan juga digunakan untuk mendiagnosa penyakit lain seperti mendeteksi material genetik virus Corona.

“Kita ketahui bersama, wabah virus sudah semakin meluas, menyebar. Maka dari itu rumah sakit harus terus meningkatkan sistem dan fasilitas pelayanan kesehatan khususnya dalam memastikan diagnosis, komitmen bagi pasien yang dilayani unit rawat jalan maupun rawat inap,” tuturnya.

Dengan adanya bantuan PCR dari pemerintah ini, bisa memberikan hasil diagnosa yang lebih akurat terhadap penyakit. Selain itu, juga bisa disertai referensi terhadap hasil dari penyakit seseorang.

“Selamat kepada AKPER Garuda Putih yang telah menjadi STIKES Garuda Putih. Dengan adanya perubahan ini, diharapkan kedepan STIKES Garuda Putih bisa menghasilkan lulusan yang disiplin dan profesional, yang bisa berkontribusi positif di bidang kesehatan. Baik di rumah sakit maupun instansi kesehatan lainnya,” ujarnya.

“Saya menghimbau bagi para orang tua yang memiliki putra-putri, yang ingin melanjutkan pendidikan di dunia kesehatan, STIKES Garuda Putih selalu akan memberikan yang terbaik untuk masyarakat Jambi khususnya. Bisa langsung mengunjungi kampus STIKES Garuda Putih,” tambahnya.

Komandan Korem 042 Garuda Putih, Brigadir Jenderal TNI M. Zulkifli. SIP. MM,K, mengucapkan selamat atas peresmian PCR Rumah Sakit DKT Bratanata dan juga atas peresmian STIKES Garuda Putih.

“Saat ini penderita wabah Viris Corona semakin meningkat. Dengan adanya bantuan dari pemerintah berupa PCR ini, bisa lebih membantu para medis untuk melakukan pengecekan kepada pasien, baik itu yang rawat inap ataupun rawat jalan,” ungkapnya.

Dia mengatakan, kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dengan rutin berolah raga, mengkonsusmi makan sehat dan bergizi serta menjauhkan diri dari stres.
“Selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah”, ungkapnya.

Untuk AKPER Garuda Putih, saya ucapkan selamat atas perubahan nama menjadi STIKES Garuda Putih. Dengan perubahan ini, diharapkan STIKES akan lebih baik lagi dalam menciptakan generasi-generasi muda yang bisa memiliki potensi, serta kinerja yang lebih baik lagi.

Sementara itu, Asistes II Setda Provinsi Jambi Agus Sunaryo mengatakan, dengan adanya PCR ini adalah bentuk kepedulian pemerintah terhadap pelayanan kesehatan di Provinsi Jambi, terutama untuk penanganan kasus Covid-19.

“Saya menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Saya ucapkan terima kasih kepada para para medis yang telah bekerja dengan ikhlas dan maksimal, serta telah memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat,” tandasnya. (penremgapu)

Kategori Kesehatan

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.