RS Raudah Bantah Langgar SOP

PENULIS : JEFRIZAL
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – RS Raudah membantah telah melanggar SOP Pelayanan penanganan terhadap pasien bayi.

Bantahan RS Raudah tersebut terkait dugaan pihaknya telah terjadi kesalahan prosedur, sehingga menyebabkan meninggalnya Hafiz Muhammad Rusli seorang bayi berusia 4 bulan anak dari Rudi Warga Lorong Kampar Bangko, orang tua, Minggu (18/8/2019).

Direktur RS Raudah, dr Wahyuni Utami, yang dikonfirmasi diruangannya, Rabu (21/8/2019) membantah telah melanggar SOP pelayanan Rumah Sakit, pasalnya seluruh SOP telah dilaksanakan dengan baik.
“Semua SOP telah kami laksanakan, walaupun tidak ditangani langsung oleh Dokter Spesialis Anak, namun kompetensi Dokter Umum dalam menangani pasien anak telah mumpuni,” ungkap Direktur.

Disebutkannya, ketika seorang pasien bayi yang mengalami mencret dipastikan bayi tersebut mengalami dehidrasi, dan setelah dimasukkan obat, tetapi tidak ada reaksi, itu dikarenakan kompensasi tubuh sang bayi yang tidak maksimal lagi.

“Kita tidak bisa menyamakan satu anak dan anak lain ketika terjadi dehidrasi, ketika sang anak dimasukkan obat, tidak ada reaksi, ini dikarenakan kompensasi tubuh anak tersebut sudah tidak maksimal lagi, dan ini sudah diluar kemampuan medis,” ujarnya.
Ketika ditanyakan persoalan rekam medik yang tidak diberikan pihaknya? Ia menyebutkan, rekam medik tersebut bersifat rahasia.
“Rekam medik ini sifatnya rahasia, sehingga kami hanya memberikan surat rujukan ke RSUD Bangko,” katanya.***

Kategori Hukrim

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.