RSUD Kol.Abunjani Miliki 9 APD untuk Penanganan Medis Pasien Corona

Penulis : Jefrizal || Editor : Wahyu Nugroho

Direktur utama RSUD Kol Abunjani Bangko Berman Saragih (foto Jefrizal)

INFOJAMBI.COM – Kabar jika para Tenaga Kesehatan (Nakes) cukup rentan terkena virus corona (Covid-19), lantaran menjadi garda terdepan dalam penanganan ‘virus mematikan’ tersebut, rasanya bukanlah kabar baru.

Lalu bagaimana dengan kesiapan para Nakes di RSUD Adbunjani Bangko, dalam menghadapi wabah corona yang semakin mengkhawatirkan warga tersebut?

Direktur utama RSUD Kol Abunjani Bangko Berman Saragih saat dihubingi melalui sambungan seluler Minggu (22/3/2020) mengatakan, tak bisa dipungkiri untuk mendapatkan perkakas atau baju Alat Perlindungan Diri (APD), bagi para Nakes dirasa memang cukup sulit.

Selain cukup langka dipasaran, juga bantuan dari Provinsi Jambi terbatas. Meski demikian pihaknya terus berusaha untuk mencari APD demi protap bagi Nakes di RSUD Abunjani Bangko yang nantinya akan menangani pasien.

“Dan hari ini dengan berbagai cara, kita pun memastikan sudah memiliki 9 set baju APD untuk para Nakes. Untuk sementara ini, baju APD tersebut dinilai cukup,” ujar Berman Saragih.

Tak hanya kelengkapan baju APD, pihaknya juga tambah Berman sudah menyiapkan cairan disinfektan sebanyak 20 liter, masker 9 ribu buah, masker N95 300 buah.

“Dalam kesempatan ini, kita menghimbau kepada masyarakat yang baru pulang dari luar daerah dengan zona merah corona, untuk menyadari diri dan segera memeriksakan keberadaanya ke berbagai puskesmas, atau RSUD Abunjani Bangko. Itu dilakukan demi antisipasi wabah corona tentunya,” harap Berman.

Sejauh ini lanjut Berman, dalam penanganan virus corona RSUD Adbunjani Bangko hanya bersifat melakukan upaya Orang Dalam Pemantauan (OPD), atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

”Jika indikasi itu ada, maka kita akan merujuk pasien ke RS rujukan corona yang telah ditunjuk pemerintah Provinsi Jambi.

“Salah satunya RS Raden Mattaher, Jambi. Dan sampai saat ini, RSUD Abunjani Bangko masih aman dari corona, meski demikian kita harus tetap waspada,” tutup Berman.***

Kategori Kesehatan

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.