SAH : Jangan Ada Kecurangan di UN

Sutan Adil Hendra

JAKARTA  – Pimpinan Komisi X DPR, Sutan Adil Hendra, berharap penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) tingkat  SMK/MAK, berlangsung 3-6 April, berjalan lancar tanpa ada kecurangan dari pihak manapun dan seluruh pelajar memperoleh hasil UN yang terbaik.

Sedang UN bagi pelajar tingkat SMA/MA, akan digelar 10-13April mendatang.

“Saya harap UN tahun ini tanpa ada kecurangan, berjalan lancar dan seluruh pelajar mendapatkan hasil yang terbaik, “ ujar SAH, di gedung DPR Jakarta, Selasa (4/4).

SAH menambahkan, khusus Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), tidak hanya menuntut kesiapan sarana prasarana, seperti komputer dan daya listrik. Menurutnya, dua hal itu yang masih menjadi kendala di Indonesia, tapi juga menuntut sikap mental dari pelajar untuk lebih fokus.

“Fokus diperlukan dalam mengerjakan soal ujian menggunakan komputer berbeda dengan kertas. Pengalaman tahun lalu, jika terlalu lama mengerjakan soal siswa akan kehabisan waktu,” kata SAH.

Politisi Fraksi Gerindra itu menengarai, kendati pengawasan sudah dilakukan secara ketat dan soal ujian berbeda dari tahun lalu, pelajar tetap saja membawa catatan atau contekan yang justru membuat waktu habis dan soal tidak terjawab sepenuhnya.

“Apalagi, jika masih melakukan perbuatan mencontek teman dalam menjawab soal, tentu waktu akan terbuang sia-sia”, kata politisi asal dapil Jambi itu mengkhawatirkan. (infojambi.com)

Laporan : Bambang Subagio ll Editor : M Asrori

Kategori Nasional

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.