Minggu, 18 November 2018 | 09:20

Sambut Idul Adha Romi Sidak Pasar

Laporan Willy Bronson

Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto (baju petak-petak) saat sidak ke pasar (foto Willy)

INFOJAMBI.COM – Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) Romi Hariyanto Selasa (21/8/2018) melakukan inspeksi ke pasar induk di Muarasabak Barat. Romi mengecek harga kebutuhan pangan, satu hari menjelang Hari Raya Idul Adha 2018, hasilnya hampir semua komoditi masih normal. Seperti harga daging ayam potong masih di kisaran Rp 38 ribu perkilogram. Begitu pula cabe merah yang masih di kisaran Rp 30 ribu perkilogram.

Romi mengaku bersyukur tidak ada lonjakan harga meski jelang Idul Adha. Bersama kepala dinas Perindustrian dan Perdagangan, Hero Suratman, Romi bahkan sempat berdialog dengan sejumlah pedagang pasar. Ia juga menyoroti masalah kebersihan pasar induk yang sudah relatif baik.

Diingatkannya, kenyamanan pengunjung pasar sangat bergantung pada sikap pedagang sendiri. Penataan parkir juga sempat dikomentari Romi. Menurutnya, penataan parkir sudah lumayan. Kedepan dia memerintahkan agar penataan pasar secara kongkret mesti mengacu pada standar yang sudah ditentukan Pemkab. Pengembangan pasar sendiri akan terus ditingkatkan demi terpenuhinya target pasar yang dibuka setiap hari.Saat ini pasar induk Tanjabtim hanya buka tiga kali seminggu yakni Rabu, Kamis dan Sabtu.

Dijelaskan Romi, tahun 2019 Pemkab juga sudah merencanakan pembangunan kios pasar ikan. “Supaya nanti kios pasar ikan khusus terpisah dari sayur dan dagangan lain,”ucapnya.

Romi juga sangat berterima kasih kepada para pedagang yang sebagian datang dari luar Tanjabtim. Peran para pedagang itu harus diakui sangat membantu masyarakat di Tanjabtim.

Namun, Romi juga berharap pedagang lokal jangan kalah bersaing, apalagi saat ini cukup banyak komoditas lokal yang mampu memenuhi kebutuhan lokal sendiri. “Kedepan saya berharap untuk sayuran maupun ikan dan buah-buahan bisa dipasok dari Tanjabtim sendiri, tentu dengan tidak mengesampingkan peran kawan – kawan pedagang dari luar, yah, bersinergi lah supaya saling menguntungkan. Pokoknya Pemkab sangat mendukung apapun yang dibutuhkan pedagang maupun pengunjung pasar,”tandasnya.

Editor Wahyu Nugroho


Kategori Ekonomi dan Bisnis,Tanjung Jabung Timur

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.