Sambut Muharram, Wali Kota Jambi Lepas Pawai Obor, Dzikir, Hingga Shalat Subuh Berjamaah

INFOJAMBI.COM – Momentum pergantian tahun baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriyah semakin semarak di Kota Jambi. Diberbagai sudut kota masyarakat tampak penuh suka cita merayakannya dengan berbagai macam cara. Mulai dari pawai obor, dzikir, sholawatan, doa bersama, hingga tabligh akbar.

Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME juga tampak turut berbaur bersama ribuan masyarakat Kota Jambi pada malam pergantian tahun baru tersebut. Usai melaksanakan doa akhir tahun dan awal tahun bersama keluarga dikediamannya, Wali Kota Fasha melanjutkan aktivitasnya menghadiri rangkaian kegiatan menyambut tahun baru hijriah yang diselenggarakan berbagai kelompok masyarakat di Kota Jambi.

Wali Kota Jambi Syarif Fasha mengawali aktivitasnya dengan melepas Pawai Obor 1 Muharam sebagai rangkaian kegiatan Syariah Expo, Rabu malam (20/9). Pawai obor yang diikuti ribuan massa yang didominasi pelajar itu dimulai dari depan Rumah dinas Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jambi, di kawasan Broni Kecamatan Danau Sipin.

Setelah melepas pawai obor, Wali Kota Fasha bergegas menuju kecamatan Pelayangan guna menghadiri undangan masyarakat di 2 tempat yang berbeda. Ditempat pertama, Fasha menghadiri acara Dzikir Akbar dan Tausiah yang diselenggarakan oleh keluarga besar Pondok Pesantren Sa’adatuddaren dan Ponpes Tahfizhul Quran Al-Mubaraq di Kelurahan Tahtul Yaman. Kehadiran Fasha tampak disambut ribuan santri dengan tetabuhan hadhrah dan lantunan shalawat.


Acara yang bertajuk Gema Dzikir dan Shalawat Dalam Rangka Menyambut Tahun Baru Islam itu tampak berlangsung khidmat dan meriah. Selain turut memberikan sambutan dalam acara itu, Fasha juga tampak khusyu’ melantunkan dzikir dan shalawat bersama ribuan jamaah. Acara juga diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Ahmad Khudri bin Idrus dan Ustadz Mubassir bin Munzir.

Dzikir dan Tabligh Akbar yang dihadiri ribuan santri dan pengasuh pondok pesantren itu, tampak pula dihadiri tokoh masyarakat dan tokoh ulama seberang, termasuk ulama sepuh dan kharismatik Jambi yang telah lama bermukim dan berdakwah di kota Makkah Arab Saudi Tuan Guru KH. Muhammad Daud Al-Hafizh.

Sementara itu di lokasi kedua, yang berlangsung di pelataran museum Gentala Arasy kelurahan  Arab Melayu, kehadiran Wali Kota Syarif Fasha disambut hangat masyarakat dan jamaah yang hadir. Acara yang bertajuk Pawai Obor dan Dzikir Akbar itu selain di isi pembacaan dzikir, maulid dan doa bersama itu, juga diisi tausiah yang disampaikan oleh Ustadz Ahmad Al Hifzi alumni Rubath Tariim Yaman dan Habib Taufiq bin Idrus Baragbah Ketua Dewan Tandfizh FPI Provinsi Jambi.

Usai menghadiri berbagai acara menyambut tahun baru Islam di kawasan religi Seberang Kota Jambi, Wali Kota Fasha kemudian melanjutkan rangkaian safari Muharramnya di RT 49 Kenali Asam Bawah Kecamatan Kotabaru. Kegiatan menyambut tahun baru Islam tersebut juga dirangkai dengan kegiatan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang di sampaikan oleh Pimpinan Komisi X DPR RI H.A.R. Sutan Adil Hendra.

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai RT tersebut, turut di hadiri Anggota DPRD Kota Jambi Abshor Hasibuan, Plt. Sekda Kota Jambi Obliyani, dr. H. Maulana, Camat Kotabaru, Lurah, Ketua RT dan tokoh agama serta tokoh masyarakat Kenali Asam Bawah. Dilokasi tersebut, Wali Kota Fasha turut menyampaikan apresiasinya atas kekompakan serta kerukunan masyarakat setempat.

Kegiatan safari Wali Kota Jambi dalam menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1439 H, diakhiri dengan melaksanakan shalat subuh berjamaah di Masjid Baiturrahman RT 18 Kelurahan Kenali Besar Alam Barajo.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Ketua MUI Kota Jambi bersama jajarannya, Camat Alam Barajo dan ulama serta tokoh masyarakat Kelurahan Kenali Besar. Dalam sambutannya pada kegiatan shalat subuh berjamaah tersebut, Wali Kota Fasha mengungkapkan apresiasinya atas berbagai kegiatan islami yang diselenggarakan diberbagai tempat dalam kota Jambi.

“Masyarakat muslim Kota Jambi adalah masyarakat yang religi, serta masih memegang teguh ajaran agama Islam. Hal tersebut dapat dibuktikan seperti tadi malam saat pelaksanaan malam pergantian tahun baru Islam di Kota Jambi. Masyarakat berbondong-bondong datang ke masjid maupun lapangan-lapangan terbuka untuk berdzikir, bershalawat mengumandangkan asma Allah dan shalawat kepada Nabi. Anak-anak dan remaja pun juga turun kejalan mengikuti pawai obor sambil bershalawat. Betapa indahnya aqidah Islam masih terjaga di Kota Jambi,” ujar Fasha.

Fasha juga mengungkapkan bahwa malam pergantian tahun baru Islam harus dimaknai dengan sikap syukur atas segala nikmat dan karunia Allah yang telah diberikan selama ini dan menjadi momentum untuk bermuhasabah dan introspeksi diri.

“Sebagai muslim yang baik, marilah kita bersama-sama memaknai pergantian tahun ini dengan merefleksikan diri kita, berintrospeksi, merenungi apa yang kita telah perbuat selama ini. Sebaik manusia adalah hari ini lebih baik dari kemarin, dan hari esok lebih baik dari hari ini. Mari kita senantiasa menjaga akhlaq dan senantiasa bersyukur atas limpahan rahmat, karunia dan rezeki yang telah di berikan Allah selama ini kepada kita,” ajak Fasha.

Dalam memperingati hari besar ini, jajaran Pemerintah Kota Jambi juga ikut merayakannya dengan berbagai kegiatan yang bertajuk Gema Muharram. Kegiatan tersebut diawali dengan pembacaan doa akhir tahun dan awal tahun. Kemudian dilanjutkan dengan Pawai Obor, Perhelatan MTQ tingkat Kota Jambi yang akan berlangsung pada tanggal 1 hingga 4 Oktober. Sementara Lomba Qasidah Rebana akan berlangsung dari tanggal 6 hingga 7 Oktober dan Festival Anak Sholeh akan berlangsung dari tanggal 12 hingga 14 Oktober, sementara puncaknya akan diakhiri dengan Tabligh Akbar serta Santunan Yatim dan Piatu yang akan berlangsung tanggal 21 Oktober di lapangan utama Kantor Wali Kota Jambi. (***)

 

Kategori Kota Jambi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.