Sambut Ramadhan, Kuburan Ramai

Warga ziarah di pemakaman Kebunjahe || foto : dicky

KOTAJAMBI — Sepekan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1438 Hijriyah, sejumlah pemakaman umum di Kota Jambi ramai didatangi warga. Mereka datang untuk ziarah ke makam keluarga atau kerabat.

Kebiasaan ini sudah berlangsung turun temurun. Ziarah Kubur telah menjadi rutinitas masyarakat muslim Indonesia, menyambut Ramadhan. Ini bisa dilihat di TPU Kebunjahe dan Singkawang, Minggu (21/5).

Beberapa kegiatan dilakukan pada prosesi ziarah kubur. Umumnya warga membersihkan sekitar makam, membaca surath Yasiin dan mengirim do’a serta menaburkan bunga wangi dan air.

Nanak, seorang peziarah di TPU Singkawang, mengaku ziarah kubur rutin dilakukan setiap tahun bersama keluarga besarnya. Mereka membaca Yasiin, membersihkan dan menabur bunga di makam keluarganya.

Ratusan masyarakat Kota Jambi silih berganti mendatangi pemakaman. Ada yang seorang diri, ada yang bersama keluarga kecil, dan ada yang hadir bersama seluruh keluarga besarnya.

Suasana TPU menjadi sangat haru. Tidak jarang terdengar isak tangis keluarga yang masih merasa kehilangan.

Penjaga makam di TPU Kebunjahe, Wak Uban, mengakui mulai Minggu (21/5) jumlah peziarah yang datang sudah ramai. Namun masih kategori wajar dan biasa.

“Tadi pagi ratusan orang yang datang. Biasanya peziarah ramai dari jam 8 pagi sampai 11 siang. Tergantung cuaca juga,” kata Wak Uban.

Wak Uban menceritakan, peziarah akan meningkat hingga 2-3 kali lipat pada H-2 hingga H-1 Ramadhan. Mereka datang dari berbagai daerah, bahkan ada yang dari luar Jambi. (INFOJAMBI.COM)

Laporan : Dicky

Kategori Agama

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.