Rabu, 26 Juli 2017 | 19:50

Sampah Sungai Tembeku Mengerikan, Zola dan Dody Turun Membersihkan

Gubernur Jambi, Zumi Zola, membersihkan sampah Sungai Tembuku || roni

KOTAJAMBI — Kondisi Sungai Tembuku, Sijenjang, Kelurahan Kasang, Jambi Timur, Kota Jambi, sungguh memprihatinkan. Sungai ini dipenuhi sampah, terutama di pintu air dan bawah jembatan.

Sampah yang hampir menutuoi seluruh permukaan sungai, meliputi sampah plastik, kaleng, botol dan lainnya. Untuk membersihkan sungai ini, dilakukan gotong royong tadi pagi.

Gotong royong ini dimotori oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA). Mereka menjalin kerja sama dengan Komunitas Peduli Sungai.

Menariknya, Gubernur Jambi, H Zumi Zola, dan Kepala Dinas PU Provinsi Jambi, Dody Irawan ST MT, juga ikut turun membersihkan sampah di Sungai Tembuku.

Sungai Tembuku dan sungai-sungai lainnya memiliki sejarah dan peradaban bagi Provinsi Jambi. Fungsi sungai sangat besar bagi daerah Jambi di masa lampau. Sungai menjadi sumber kehidupan.

Sungai dulunya merupakan jalur transportasi utama. Gubernur Jambi, Zumi Zola, pun mengajak masyarakat Jambi menjaga dan melestarikan sungai. Caranya, tidak membuang sampah ke sungai.

“Sama-sama kita lihat, banyak sampah di sungai ini. Sampah ini sudah berbulan-bulan, harus dibersihkan. Sungai bukan tempat sampah. Hentikan membuang sampah di sungai,” kata Zola.

Tantangan terberat dalam membersihkan sungai dari sampah, adalah mengedukasi masyarakat yang selama ini biasa membuang sampah di sungai. Kebiasaan itu harus diubah.

Zola berharap komunitas peduli pada sungai semakin banyak. Pemprov Jambi telah beraksi cepat. Alat berat dan dumptruck diturunkan untuk mengeruk sampah di Sungai Tembuku.

Di kawasan Sungai Tembuku tahun depan akan dioperasikan mesin pengolahan sampah. Sampah besar dihancurkan, dicacah, dipisahkan, lalu digunakan sebagai pupuk atau bentuk lainnya.

Kepala Dinas PU Provinsi Jambi, Dody Irawan, mengaku sangat mengapresiasi upaya Komunitas Peduli Sungai membersihkan Sungai Tembuku. Dia minta masyarakat tidak membuang sampah di sungai.

“Sayangi sungai, cintai negeri. Masyarakat Jambi sudah dari dulu hidup di sungai. Sampai sekarang masih banyak yang tinggal di bantaran sungai. Kita harus sama-sama melestarikan sungai,” kata Dody.

Untuk pembersihan Sungai Tembuku, Dinas PU Provinsi Jambi mengerahkan satu unit eskavator, dua unit dumptruck dan tangki air. Pembersihan sampah itu akan dilakukan selama tiga hari.

Dinas PU akan terus memantau volume sampah di Sungai Tembuku. Kalau menumpuk lagi, akan dibersihkan, bekerjasama dengan Dinas Kebersihan Kota Jambi. (infojambi.com/D)

Laporan : Yudi Pramono/MH

Kategori Kesehatan

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.