Senin, 19 November 2018 | 18:39

Sani – Izi Satu, Fasha – Maulana Dua

Fasha – Maulana dan Sani – Izi

KOTAJAMBI.COM — Pemilihan kepala daerah (pilkada) di Kota Jambi, 27 Juni 2018, diprediksi bakal seru. Pasalnya, calon yang maju hanya ada dua pasangan, Abdullah Sani dan Kemas Alfarizi (Sani – Izi) serta pasangan Syarif Fasha dan Maulana (Fasha – Maulana).

Masing-masing calon walikota merupakan incumbent. Abdullah Sani saat ini menjabat Wakil Walikota Jambi, sedangkan Syarif Fasha adalah walikotanya.

Kedua calon memiliki basis suara masing-masing. Hanya saja jumlah partai politik pengusung dan pendukung Fasha dan Sani berbeda jauh. Sebagian besar partai politik mendukung Fasha – Maulana.

Fasha – Maulana didukung oleh Golkar, Nasdem, Gerindra, Hanura, Demokrat, PPP, PKB, PKS, PBB dan PKPI. Sementara pasangan Sani – Izi didukung dua partai, yakni PAN dan PDI-P. Sani – Izi yakin menang, kendati hanya didukung dua partai.

Sesuai tahapan pilkada, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi menggelar rapat pleno penetapan nomor urut calon Walikota dan Wakil Walikota Jambi, Selasa (13/2/2018), di salah satu hotel di Kota Jambi. Rapat pleno dihadiri para calon dan tim sukses serta simpatisan.

Dari hasil pengundian, nomor urut satu diperoleh pasangan Sani – Izi, sementara nomor urut dua didapat oleh pasangan Fasha – Maulana.

Setelah pengundian nomor urut, masing-masing calon menandatangani daftar pasangan calon. Daftar ini secara resmi diserahkan oleh Ketua KPU Kota Jambi, Wein Arifin kepada para calon walikota.

Calon Walikota Jambi nomor urut satu, Abdullah Sani, menyatakan nomor urut satu itu memang mereka idam-idamkan. Sani menyatakan nomor urut satu sangat pas. Satu dalam bahasa jawa adalah siji, singkatan dari Sani dan Izi.

Bagi calon walikota nomor urut dua, Syarif Fasha, angka dua membawa berkah, karena pencalonan ini merupakan yang kedua kali baginya. Nomor dua juga pas dengan motto pasangan ini, Pro 2 FM, yang artinya pro pada duet Fasha – Maulana.

Dalam pidatonya, Fasha dan Sani sama-sama mengajak tim sukses dan pendukungnya menjaga etika dalam berpolitik. Jangan ada saling hujat. Jangan sampai mengeluarkan ujaran kebencian.

Pada tahapan pengundian nomor urut ini, kedua pasangan calon kepala daerah diantar oleh para tim sukses, pendukung dan simpatisan masing-masing. Tim sukses Fasha – Maulana bahkan membawa hiburan musik organ tunggal menggunakan mobil bak terbuka. (Doddi/Wahyu – Jambi)

 


Kategori Politik

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.