Saniatul Lativa : Banyak Peserta Ingin Hidupkan Kembali Penataran P4

LAPORAN : BS || EDITOR : PM

INFOJAMBI.COM – Anggota MPR RI Saniatul Lativa memberikan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Pendopo rumah dinas Bupati Tebo, di Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, Jambi, Selasa (26/5/2021). Sosialisasi Empat Pilar diikuti oleh seluruh organisasi perempuan se-Kabupaten Tebo.

Saat sosialisasi, Saniatul Lativa mengungkapkan banyaknya peserta sosialiassi yang ingin menghidupkan kembali pelajaran atau pola Penataran P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengalaman Pancasila) dalam kurikulum nasional, dengan menyesuaikan perkembangan zaman.

“Saat tanya jawab, banyak peserta dari kelompok pendidik mengusulkan untuk kembali diadakan pelajaran penataran P4. Penataran P4 tersebut tentunya disampaikan dalam format baru dan disesuaikan dengan kondisi kekinian, ” kata Saniatul Lativa.

Diharapkan Saniatul Lativa, metodologi penataran P4 nantinya terlalu deduktif, monoton dan doktrinisasi, tapi diperbarui menjadi lebih induktif dan melalui pendekatan kehidupan nyata sehari-hari di masyarakat. “Hal itu bertujuan mendorong anak-anak untuk memahami dan melakukan kehidupan nyata tersebut, ” ujarnya.

Politikus Partai Golkar itu mengatakan perlunya dihidupkan kembali P4 maupun BP7 karena semangat kehidupan berbangsa semakin kendur. Bahkan tanpa adanya lembaga yang membina ideologi Pancasila maka banyak ideologi lain yang mengakar dan berkembang di tengah masyarakat dan bertentangan dengan Pancasila.

“Peserta sosialisasi banyak menyoroti banyaknya siswa/siswi yang tak mampu menghafal Pancasil dan UUD NRI 1945. Hal ini jauh berbeda dengan pelajar tahun 1980-an, ” ujar wakil rakyat dapil Jambi tersebut.

Saniatul Lativa menegaskan masyarakat tak bisa dibiarkan memilih ideologi sendiri dan mengembangkan ideologi non-Pancasila berkembang di Indonesia. “Karenaya perlu dihidup penataran P4 dan pembentukan lagi lembaga pembina Pancasila seperti BP7, ” ujar Anggota Komisi IX DPR itu.

Kepada peserta sosialisasi, Saniatul Lativa berharap nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila, hendaknya dapat senantiasa hidup di tengah masyarakat.****

Kategori Nasional

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.