Satgas Pamtas Membantu Kesulitan Rakyat di Tapal Batas

Penulis : Tim Liputan || Editor : Wahyu Nugroho

INFOJAMBI.COM – Mencintai sesama dan berbagi kasih dengan ketulusan diperlihatkan Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ saat memberikan pelayanan kesehatan dan memberikan paket Sembako bagi warga yang berada di Desa Lookeu Kecamatan Tasifeto Barat Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.

Tugas Binter Satnonkowil Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ juga dilakukan dalam berbagai bidang dalam rangka membantu mengatasi berbagai macam permasalahan sosial yang berkembang di lingkungan masyarakat, diantaranya bidang pertanian, pendidikan, kesehatan, olahraga, perikanan, ekonomi dan bidang-bidang lainnya.

Salah satunya terlihat pada saat personel Pos Lookeu memberikan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan dan pengobatan gratis dari rumah ke rumah serta pemberian sembako bagi warga yang berada di sekitar pos mereka dan benar-benar sangat membutuhkan bantuan tersebu.

“Kegiatan Binter Satnonkowil di bidang kesehatan ini kami lakukan untuk meringankan beban warga, karena di wilayah perbatasan sarana dan prasarana kesehatan masih terbilang minim dan permasalahan tranportasi umum serta kendaraan pribadi milik warga sangat terbatas, kami berinisitif untuk memberikan pelayanan kesehatan secara langsung dari rumah ke rumah secara berkala, dengan tujuan untuk memantau dan mendata kondisi kesehatan warga di sekitar pos jajaran Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ, sehingga pelayanan kesehatan dapat dirasakan langsung hingga ke pelosok perbatasan.”

Demikian diungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas Pamtas RI – RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/Kj dalam rilis tertulisnya di Mako Satgas Atambua, Kab. Belu, NTT, Sabtu, (29/2/2020).

Dansatgas Letkol Inf Ikhsanudin mengatakan bahwa Kegiatan pelayanan kesehatan dan pemberian bantuan paket Sembako ini dipimpin oleh Serda Erik Wijaya selaku Wadanpos Lookeu bersama 5 orang personel Pos Lookeu lainnya.

“Hasil pemantauan personel kesehatan kami di Pos Lookeu, rata-rata warga mengeluhkan sakit pinggang dan nyeri pada tubuh, sehingga personel kami memberikan anti biotik serta obat penghilang rasa nyeri, keluhan ini didasari karena air yang terdapat di wilayah perbatasan serta dikonsumsi masyarakat mengandung zat kapur yang tinggi,” jelas Ikhsanudin

“Bantuan paket Sembako kami berikan guna meringankan beban warga dibidang ekonomi, kami berharap melalui kegiatan-kegiatan kemanusiaan seperti ini dapat lebih mempererat tali silaturahmi yang telah terjalin dengan baik, sehingga tercipta kemanunggalan TNI-rakyat yang kokoh di tapal batas,” imbuhnya.

Letkol Inf Ikhsanudin selalu berpesan kepada setiap personelnya yang berada di sepanjang garis perbatasan Indonesia – Timor Leste, agar kehadiran mereka ditengah-tengah masyarakat dapat memberikan motivasi, menjadi solusi, memberikan pengaruh positif serta bermanfaat bagi warga perbatasan yang ada di sekeliling mereka secara langsung.

Sementara itu, Pit (50) salah seorang warga Desa Lookeu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ khususnya Pos Lookeu atas pelaksanaan kegiatan pelayanan kesehatan dan bantuan paket Sembako yang diberikan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak TNI yang selalu membantu kesulitan dan menanggapi keluhan kami di sini, semoga mereka selalu diberi kesehatan dan keselamatan oleh Tuhan Yang Maha Esa,” ucap Bapak Pit.

Terpisah, Letda Inf Irawan selaku Danpos Lookeu menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh personelnya merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat di wilayah penugasan khususnya perbatasan Indonesia – Timor Leste.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat di daerah perbatasan, agar masyarakat tetap sehat dan tetap terjalin hubungan yang baik antara TNI dan masyrakat,” tandas Irawan. (penremgapu)

Kategori Lensa

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.