Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Peduli, Bangun Bak Sampah di Desa Takirin

Penulis : Tim Liputan || Editor : Wahyu Nugroho

INFOJAMBI.COM – Wujud kepedulian Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ terhadap kebersihan lingkungan di sekitarnya, personel Pos Fatubesi melakukan Karya Bakti pembuatan bak sampah bersama masyarakat Desa Takirin Kecamatan Tasifeto timur Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.

Karya Bakti merupakan salah satu tugas Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ dibidang Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan (Binter Satnonkowil) guna mendukung program Pemerintah serta mengatasi permasalahan sosial di lingkungan masyarakat perbatasan Indonesia – Timor Leste.

Hal tersebut disampaikan Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas dalam Rilis tertulisnya di Mako Satgas Atambua, Sabtu (22/2/2020).

Lebih lanjut Dansatgas mengatakan bahwa Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ dalam melaksanakan tugas Binter Satnonkowil (Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan) selalu berkoordinasi bersama Satuan Komando Kewilayahan setempat dan Instansi terkait melalui berbagai macam kegiatan berupa pendekatan-pendekatan kepada masyarakat dalam rangka mendukung program Pemerintah Pusat maupun Daerah, diantaranya berupa membantu mengatasi kesulitan rakyat yang berada di sekelilingnya.

“Karya Bakti pembuatan bak sampah ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pos-pos jajaran Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ terhadap lingkungan yang berada di sekeliling mereka, diantaranya Pos Fatubesi di Desa Takirin yang bertujuan agar warga dapat hidup dengan bersih sehingga tidak terkena penyakit akibat sampah yang menumpuk di mana-mana,” jelas Letkol Inf Ikhsanudin.

Pelaksanaan Karya Bakti pembuatan bak sampah tersebut dipimpin langsung oleh Serda Ryan selaku Wadanpos Fatubesi bersama 4 orang personel Pos Fatubesi lainnya serta diikuti oleh beberapa masyarakat Desa Takirin,” paparnya.

Bantuan tenaga yang telah kami berikan kepada warga masyarakat perbatasan adalah bukti kedekatan personel kami di Pos Fatubesi bersama masyarakat Desa Takirin.

Kegiatan ini adalah contoh kecil wujud pengabdian TNI di daerah penugasan sehingga terjalin kemanunggalan TNI-Rakyat di wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste, karena Rakyat merupakan ibu kandung TNI,” imbuh Ikhsanudin.

Pada kesempatan lain salah seorang warga Desa Takirin, saudara Dominggus (33) merespon positif akan kehadiran personel Pos Fatubesi Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ yang telah memberikan manfaat berupa bantuan pembuatan bak sampah di lingkungan mereka.

“Saya mewakili masyarakat Desa Takirin mengucapkan terima kasih banyak kepada bapak-bapak TNI yang telah peduli untuk membuat bak sampah di desa kami, semoga bapak-bapak TNI selalu diberi kesehatan dan keselamatan hingga selesai penugasan nanti,” ungkap Dominggus.

Di tempat yang sama, Pratu Fazri Fadhilla selaku personel Pos Fatubesi memberikan tanggapan tentang kegiatan Binter Satnonkowil berupa pembuatan bak sampah di Desa Takirin.

“Dengan adanya bak sampah ini diharapkan masyarakat Desa Takirin dapat mempergunakannya dengan sebaik mungkin, sehingga Desa Takirin terlihat lebih bersih dan sehat,” ucap Fazri Fadhilla.

Kami menaruh harapan besar kepada masyarakat yang berada di wilayah perbatasan agar tidak segan-segan untuk meminta bantuan kepada kami selaku personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ, khususnya dibidang teritorial karena TNI berasal dari rakyat dan untuk rakyat, bersama rakyat TNI kuat, tambah Fazri.

Terpisah, Sertu Angga Sastra selaku Danpos Fatubesi menyampaikan tanggapannya atas kegiatan Karya Bakti pembuatan bak sampah yang dilakukan oleh personelnya bersama masyarakat Desa Takirin.

“Manusia harus dapat saling membantu, sehingga hidup kita akan terasa lebih berarti, ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI terhadap saudara-saudara kami yang berada di perbatasan Indonesia – Timor Leste,” tandas Angga.(Pen042)

Kategori Lensa

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.