Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Lakukan Patroli Patok di Daerah Perbatasan

PENULIS : TIM LIPUTAN
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Personel Pos Motaain Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ melaksanakan patroli patok batas Negara di Desa Motaain Kec. Silawan Kab. Belu NTT.

Hal ini sampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M di Mako Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Atambua Belu NTT, Kamis (3/10/2019).

Diungkapkan Dansatgas, hal ini merupakan hal yang biasa dilakukan oleh personel Satgas Pamtas, karena ini merupakan tugas pokok yang menjadi tanggung jawab untuk dilaksanakan oleh tiap-tiap pos yang berada di sepanjang garis perbatasan, namun tetap menjaga faktor keamanan dan kewaspadaan masing-masing personel patroli.

“Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Lettu Inf Sahita selaku Komandan Pos Motaain beserta 6 orang personelnya, yang salah satu personelnya merupakan Prada Budi yang berasal dari Suku Anak Dalam (SAD) yang berada di Bukit Larangan Dua Belas Jambi, yang mana kehidupan mereka tidak seperti kehidupan sosial masyarakat lainnya,” ujar Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M.

“Sebagaimana kita ketahui, kegiatan patroli patok merupakan suatu tugas pokok yang harus dilaksanakan oleh Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI,” imbuhnya.

Seperti yang dilakukan Pos Motaain, lanjut Letkol Inf Ikhsanudin, SmSos.,M.M, kegiatan patroli patok yang dilakukan oleh pos tersebut, posisinya bersebelahan langsung dengan Negara tetangga yaitu Desa Batu Gede yang merupakan wilayah milik Negara Timor Leste jadi diperlukan kewaspadaan lebih dari masing-masing personel patroli.

Prada Budi yang merupakan salah satu personel Pos Motaain menggutarakan rasa bangganya dapat memberikan bakti kepada NKRI.

“Saya bangga bisa mengabdi dan melaksanakan tugas untuk mengamankan patok batas Negara dan itu berarti saya telah ikut serta dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI di perbatasan” ujarnya.

Senada dengan apa yang disampaikan Dansatgas, Lettu Inf Sahita mengatakan selain menjaga keutuhan wilayah NKRI, kami juga harus tahu di mana saja letak batas Negara Indonesia-Timor Leste.

“Itu sudah menjadi bagian dari tugas kami, karena TNI selalu siap mengamankan daerah perbatasan NKRI,” tandasnya.(Penrem042/Gapu)

Kategori Lensa

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.