Satgas TMMD 108 Tanjab Hibur Anak-anak dengan Permainan Tradisional

Penulis : Tim Liputan || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM – Anggota Satgas TMMD 108 Kodim 0419/Tanjab, Kapten Inf Budi Ereska (Pasi Intel Satgas) didampingi Serda Arman Dedi menggunakan cara tersendiri untuk melakukan pendekatan pada anak-anak Dusun 2 Sungai Kapas, Desa Labuhan Pering, Kecamatan Sadu, Tanjab Timur, dengan cara mengajak mereka bermain kelereng agar menghidupkan kembali permainan tradisional yang hampir punah di masa kanak-kanak ini, Selasa (7/7/2020) sore.

Sepulang kerja dari pengerjaan jalan yang menghubungkan Parit 6 Sungai Kapas menuju Parit 11 Sungai Benuh Desa Labuhan Pring, kedua prajurit TNI ini menyempatkan diri bergabung bermain kelereng bersama anak – anak di halaman rumah Pak Asse’ warga Dusun 2 Sungai Kapas.

Kegiatan ini mereka lakukan sebelum mereka membersihkan badan. Tidak lupa juga mereka setelah selesai bermain kelereng, Kapten Budi mengumpulkan anak – anak kembali untuk mengajak pulang kerumah masing – masing dan mandi setelah itu sholat dan mengaji serta belajar walaupun saat ini sekolah diliburkan.

Kapten Budi menjelaskan bahwa dengan ikut bermain dengan anak, lebih mudah bisa memberikan motivasi dan semangat belajar. Secara tidak disadari mereka, kita sudah menularkan tujuan yang tak kalah mulia membentuk karakter anak bangsa semangat untuk belajar.

Di jaman sekarang ini, di perkotaan, mungkin sudah jarang sekali anak yang memainkan kelereng. Selain karena lahan kian sempit (karena bermain kelereng membutuhkan lahan yang agak luas), juga tak sedikit orang tua yang keberatan anaknya bermain kelereng dengan alasan kotor, sulit terawasi, dan mungkin dianggapnya sebagai permainan yang ketinggalan zaman.

Padahal, permainan kelereng atau gundu, atau orang Jawa menyebutkan neker. Di Sunda disebut Kaleci atau di Palembang dinamai ekar, dan di Banjar dikenal dengan istilah kleker, mempunyai banyak manfaat dalam penumbuhan karakter anak.

“Permainan kelereng bermanfaat untuk mengatur emosi, melatih kemampuan motorik, melatih kemampuan berfikir, kemampuan berkompetensi, kemampuan sosial, bersikap jujur, melatih kecermatan dan ketelitian”, ucap Budi.

Salah satu dari orangtua anak, Asse’ warga dari Dusun 2 Sungai Kapas ini sangat berterima kasih kepada anggota Satgas TMMD 108 Kodim 0419/Tanjab yang telah memberikan motivasi serta didikan yang sangat baik terhadap anak – anak kami, semoga kelak nanti mereka menjadi TNI seperti kedua anggota Satgas ini,” tutur Asse’. ***

Kategori Tanjung Jabung Timur

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.