Satgas Yonif R 142/KJ Kenalkan Masakan Jambi di Perbatasan

PENULIS : TIM LIPUTAN
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Personel Pos Dafala Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ memperkenalkan masakan khas asal daerah mereka, yaitu masakan khas kota Jambi kepada masyarakat perbatasan yang berada di Dusun Webua A Desa Dafala Kec. Tasifeto Timur Kab. Belu NTT.

“Ide ini timbul dari Kapten Inf Nurmasyah selaku Danpos Dafala untuk mengenalkan masakan khas dari daerah asal kami,” ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas.

“Kegiatan ini dipimpin oleh Serda Surya Gana bersama 4 orang personel Pos Dafala lainnya,” ujar Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M di Mako Satgas, Rabu (20/19/2019).

“Kegiatan ini juga telah dikoordinasikan sebelumnya kepada Kepala Dusun Webua A Desa Dafala, dan beliau mengapresiasi positif atas rencana Kapten Inf Nurmansyah,” jelasnya.

Kreasi dalam memasak adalah suatu seni bagi seseorang yang menyukai kegiatan ini, termasuk para kaum ibu rumah tangga yang selalu memasak untuk keluarga mereka.

“Karena seringnya personel Pos Dafala melakukan anjangsana ke rumah warga masyarakat, dan disuguhi dengan masakan-masakan khas Nusa Tenggara Timur, menimbulkan inisiatif mereka untuk memperkenalkan masakan khas Jambi kepada warga masyarakat yang berada di desa binaannya,” jelasnya lebih lanjut.

“Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan masakan dari daerah lain, selain itu kami juga berharap agar mereka dapat berkreasi dalam memasak serta menambah koleksi menu masakan dalam lingkungan keluarga,” paparnya.

Pada saat itu, Kopda Yandi mencoba untuk menjelaskan satu persatu cara pembuatan masakannya, menu yang dipilih adalah Pindang Ikan Patin merupakan masakan yang berasal dari kota Jambi.

“Tempat, sarana dan prasarana telah disiapkan oleh penduduk Dusun Webua A, sedangkan bahan dan alat memasak, mereka bawa dari pos mereka sendiri,” paparnya lebih lanjut.

Terlihat antusias dari para peserta kegiatan pengenalan masakan tersebut, mereka memperhatikan bahan-bahan yang dijelaskan dan untuk kemudian mencoba mempraktikkan langsung proses pembuatannya, sehingga dapat lebih mudah untuk mengingatnya.

Setelah masakan selesai, warga masyarakat Dusun Webua A mencoba untuk mencicipi masakan tersebut secara bergiliran, terlihat rasa suka dengan masakan tersebut yang mereka tunjukkan melalui senyuman, setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama.

Terpisah, Ibu Fransiska Manek (40) yang merupakan istri Kepala Dusun Webua A mengucapkan terima kasih karena telah memberikan ilmu menu masakan, sehingga mereka dapat berkreasi dalam membuat masakan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak TNI atas kegiatan ini, sehingga kami dapat berkreasi dalam membuat masakan di lingkungan keluarga untuk menambah keharmonisan dalam rumah tangga,” ungkapnya.

Sementara itu, Kopda Yandi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi untuk mempererat hubungan kekeluargaan.

“Kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi kepada masyarakat, sehingga hubungan kekeluargaan antara pos dan warga desa binaan semakin erat,” tandasnya.(penremgapu)

Kategori Lensa

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.