Satgasgab Karhutla Siap Melaksanakan Operasi Penanggulangan Bencana

PENULIS : TIM LIPUTAN
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Pelaksanaan latihan Posko 1 dengan Sandi ” Siaga Garuda Putih” Korem 042/Gapu yang berlangsung selama tiga hari dilapangan Tenis Indoor Makorem Jambi telah berakhir, Kamis (28/11/2019) siang.

Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf Firdaus dalam Rilis tertulisnya mengatakan bahwa kegiatan latihan tersebut menggambarkan tentang bagaimana mekanisme kerjasama antara Staf dan Komando dengan Instansi terkait di dalam menghadapi bencana alam Karhutla tahap demi tahap, sebelum bencana, ketika terjadi bencana, hingga pasca terjadinya bencana karhutla tersebut.

Korem 042/Gapu sebagai pelaku dalam latihan tersebut, langsung dipimpin oleh Danrem Kolonel Arh Elphis Rudy,M,Sc,S.S memberikan perintah kepada para perwira stafnya untuk melaksanakan tugas sesuai fungsi bidang masing-masing dalam menghadapi bencana Karhutla tersebut.

Dalam simulasi latihan bahwa telah terjadi bencana Karhutla di wilayah Muaro Jambi, Tanjab Timur dan Tanjab Barat karena tiga wilayah tersebut terdapat lahan Gambut yang merupakan daerah rawan Karhutla.

Danrindam II/Swj Kolonel Inf Tri Rana Subekti, S.Sos., M.M selaku Wadanlat menyampaikan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terlaksananya seluruh rangkaian kegiatan latihan mulai dari tanggal 26 sampai dengan 28 Nopember 2019 telah berjalan dengan tertib dan lancar sesuai rencana. Dan mengajak kepada seluruh unsur yang terlibat didalam latihan Posko 1 Korem 042/Gapu tersebut, dapat mengambil manfaat dari kegiatan latihan untuk bisa diterapkan apabila terjadi bencana Karhutla yang sesungguhnya.

Saya berharap agar keberhasilan latihan ini dapat menjadi pemicu motivasi kita semua untuk bekerja dan berlatih lebih keras lagi, karena bila kita bandingkan dengan faktor kesulitan dan problematika yang kita hadapi di medan yang sesungguhnya, akan jauh lebih sulit dan lebih kompleks dari pada latihan yang kita selenggarakan saat ini, ungkapnya.

“Mari kita bersungguh-sungguh untuk dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat dalam latihan ini, untuk membantu memberikan pertolongan kepada Pemerintah Daerah serta masyarakat,” ajak Danrindam.

Sebelum penutupan latihan posko I dilaksanakan tahap pengujian rencana operasi melalui Tactical Floor Game (TFG) yang dilaksanakan di lapangan Tenis Indoor Makorem 042/Gapu Jambi, dalam TFG tersebut dilaksanakan paparan oleh pimpinan masing-masing unsur yang terlibat dalam latihan gladi posko I Korem 042/Gapu TA 2019 dengan harapan mampu menguasai dan memahami kegiatan secara terinci dalam pentahapan operasi.
.
Mewakili Danrem 042/Gapu, Kasrem Letkol Arh Hary Sassono Utomo dalam rangka Uji Rencana Operasi (Tactical Floor Game) tersebut mengatakan “ sebagai benteng terakhir, dimana tugas ini dipercayakan kepada kita. Untuk itu, saya mengajak seluruh prajurit pejuang Karhutla untuk bersama-sama membulatkan tekat demi keberhasilan tugas mulia ini. Yakinlah bahwa Tuhan selalu bersama kita dalam rangka mengatasi bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di wilayah Provinsi Jambi.

Selanjutnya Kasrem mempersilahkan Kasiops Satgasgab Karhutla Provinsi Jambi yang diperankan oleh Kasiops Korem Letkol Inf Yudha Nugraha untuk memulai pelaksanaan TFG.

Selesai tahap pengujian rencana operasi melalui Tactical Floor Game (TFG) dilanjutkan penyampaian Rencana Operasi oleh Kasrem mewakili Danrem dihadapan para Kasi/Pasi serta Perwira Staf Khusus, Dan/Kasatbalak serta Dinas/Instansi terkait.

Dalam paparannya Danrem menyampaikan bahwa Korem 042/Gapu selaku Satgasgab Karhutla beserta perkuatannya melaksanakan Operasi Bantuan kepada Pemerintah Daerah Provinsi Jambi saat tanggap darurat bencana kebakaran hutan dan lahan selama 7 hari atau jangka waktu yang ditentukan mulai hari “H” jam “J” diwilayah Provinsi Jambi, melaksanakan pencegahan, Deteksi dini titik api, pemadaman titik api, menyelamatkan dan mengevakuasi korban, menyelenggarakan pengungsian dan perawatan, menerima dan menyalurkan bantuan kemanusiaan dengan menempatkan Satgasgab Karhutla Prov Jambi dan perkuatannya secara serentak di wilayah rawan karhutla dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam II/Sriwijaya, ujar Kasrem.

Selama pelaksanaan Latihan Posko I Korem 042/Gapu nampak hadir para pejabat Kodam II/Swj diantaranya Pa Sahli Pangdam II/Swj Bidang OMP Kolonel Inf Hadi Purwo Subroto, S.AB., M.M, Pa Stafsus Pangdam II/Swj Kolonel Inf Mangaraja Simanjuntak, juga Danrem 041/Gamas Kolonel Inf Dwi Wahyudi, S.AN., M.M dan Waaster Kasdam II/Swj Letkol Inf Debok Sumantokoh. (penremgapu)

Kategori Lensa

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.