Satlantas Polres Tanjabbar Latih Warga Menolong Korban Lakalantas

Pelatihan menolong korban lakalantas || foto : ist

KUALATUNGKAL — Guna menyelamatkan korban kecelakaan di jalan lintas timur (jalintim), anggota Satlantas Polres Tanjabbar memberi pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) pada instansi dan masyarakat.

Kapolres Tanjabbar, AKBP Agus Sumartono, mengatakan, kecelakaan lalulintas sering terjadi di jalan raya. Namun, tidak banyak orang tahu cara menolong korban, sebelum dibawa ke rumah sakit.

Dengan pelatihan ini, Agus berharap apabila masyarakat melihat terjadinya kecelakaan, mereka dapat memberikan pertolongan pertama terhadap korban.

Kegiatan PPGD dilaksanakan di Kantor Desa Dusunmudo, Rabu lalu, dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Tanjabbar, Iptu Agustina Wijayanty. Hadir juga Kepala Desa Dusunmudo, petugas kesehatan, babinsa dan masyarakat yang tinggal di daerah rawan lakalantas.

Kasatlantas Agustina akan terus memberi pelatihan, terutama pembinaan pada masyarakat yang tinggal di daerah rawan laka. Warga sering kali menemukan korban lakalantas.

“Kami ingin warga terampil memberi pertolongan pertama, sehingga tidak terjadi kesalahan saat melakukan pertolongan. Ini untuk meminimalisir korban lakalantas meninggal dunia,” jelas Agustina.

Pada kegiatan tersebut dilakukan simulasi cara memberikan pertolongan pertama oleh petugas dinas kesehatan. Kemudian ada tanya jawab. “Mari kita berbuat demi kemanusiaan, menyelamatkan nyawa orang lain,” himbau Kapolres Agus Sumartono. (infojambi.com/DD)

 

Kategori Kesehatan

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.