Satu Hektar Lahan APL di Kecamatan Betara Dilalap Sijago Merah

Laporan Raini

Lahan APL yang terbakar (foto Raini)

INFOJAMBI.COM – Akibat ulah masyarakat yang tidak bertanggung jawab, Lahan Areal Penggunaan Lain (APL) yang berlokasi di Jalan Lintas Jambi – Kuala Tungkal RT 01 Dusun Kampung Tengah, Desa Pematang Lumut, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) hangus dilalap ‘si jago merah’.

Dalam kejadian ini, sekitar 1 Hektar lahan kosong yang terletak di sepanjang jalan Tungkal Jambi ini, habis dilalap si jago merah. Bersyukur dalam kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa.

Dari pantauan dilokasi, saat ini lahan yang terbakar sudah terpasang garis polisi, untuk membatasi warga yang masuk ke areal guna dilakukan penyelidikan atas terjadinya kebakaran tersebut.

Terkait kejadian ini, Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melalui Syaiful Anwar selaku Koordinator Pusdatin BPBD menyebutkan, Api ditemukan dengan titik Koordinat : S-1.434,°E 103.2340,73°.

Dikatakan, kebakaran lahan ini, terjadi, Selasa (24/7/2018) sekitar pukul 17.06 Wib. Topografi Dataran, Jenis Tanah Gambut, Vegetasi Belukar dan Sawit umur sekitar 1 tahun Luas terbakar 1 Hektar dan untuk status lahannya Areal Penggunaan Lain ( APL ),” kata Syaiful, Rabu (25/7/2018).

Kita menerima informasi dari Danramil melalui telepon. Mendapati informasi adanya titik api kebakaran lahan, pihaknya Satgas TRC-BPBD berkoordinasi dengan Jajaran Polsek Betara, Jajaran Koramil Tungkal Ilir, Camat Betara yang didampingi oleh Kades Muntialo dan Kades Pematang Lumut, Tim RPK Distrik 1 dan Distrik 2 PT. WKS, Tim Pemadam PT. Petro China dan KMPA Desa untuk melaksanakan pemadaman.

Api dapat dipadamkan dengan Tim Gabungan Penanganan dan Penanggulangan KARHUTLA sekitar pukul 18.30 malam. Saat ini status api sudah padam. Sementara penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak Kepolisian. “Tidak ada korban jiwa maupun luka – luka dalam kejadian ini, tegas Syaiful.

Editor Wahyu Nugroho

Kategori Hukrim,Tanjung Jabung Barat

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.