Jumat, 16 November 2018 | 10:35

Sebanyak 41 Negara Ikuti Asian Para Games

Laporan Bambang Subagio

INFOJAMBI.COM – Pasca sukses penyelenggaraan dan prestasi Asian Games XVIII 2018 Jakarta-Palembang, kini Indonesia siap menggelar Asian Para Games 2018 di Jakarta, 6-13 Oktober mendatang. Pentas olahraga kaum disabilitas se-Asia ini akan diikuti 41 negara dan mempertandingkan 18 cabang olahraga.

Direktur Olahraga Panitia Pelaksana Asian Para Games 2018 (INAPGOC) Fanny Riawan mengatakan dari 43 negara peserta Asian Para Games (APG) 41 sudah memastikan ambil bagian, dua negara lainnya Palestina dan Yaman yang belum melakukan konfirmasi.
“Kami masih terus komunikasi agar Palestina dan Yaman berpartisipasi. Jika kedua negara tersebut ikut ambil bagian, maka ini akan menjadi rekor dari segi peserta dibanding Asian Para Games sebelumnya di Incheon, Korsel yang diikuti 41 negara,” kata Fanny di Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Empat tahun lalu di Incheon, Korsel diikuti oleh 41 negara dengan event 443 dari 23 cabang olahraga. Total atlet yang ikut 2497. Kini Indonesia mengusung tema “Inspiring Spirit And Energy of Asia” akan diikuti sebanyak 2888 atlet dari 41 negara dan mempertandingkan 18 cabang olahraga.

Sebagai tuan rumah Indonesia berambisi mengukir prestasi di Asian Para Games 2018, mengingat atlet disabilitas Indonesia cukup disegani. Pada Asean Para Games 2017 di Malaysia, kontingen Indonesia berhasil juara umum dengan raihan 126 medali emas.

Cabang olahraga para atletik dan renang menjadi lumbung medali emas Indonesia, cabnag lainnya adalah tenis dan bulu tangkis.

Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan adalah: panahan, atletik, boccia, goal ball, bola voli duduk, bola basket kursi roda, catur, balap sepeda, bulu tangkis, renang, angkat besi, menembak, judo, tenis meja, ten pin bowling, anggar duduk, tenis, dan boling lapangan.

Adapun ke-41 negara yang telah memastikan ikut Asian Para Games 2018 di Jakarta, adalah Afganistan, Bahrain, Banglades, Brunei, Kamboja, China, China Taipeh, Hong Kong, India, Indonesia, Iran, Irak, Jepang, Jordania, Kazakhstan, Korea Selatan, Kuwait, Kirgistan, Laos, Lebanon, Macau, Malaysia, Mongolia, Myanmar, Nepal, Korea Utara, Oman, Pakistan, Filipina, Qatar, Arab Saudi, Singapura, Sri Langka,. Suriah, Tajikistan, Thailand, Timor Leste, Turkmenistan, Uni Emirat Arab, Uzbekistan, dan Vietnam.***

Editor Wahyu Nugroho


Kategori Olahraga

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.