Sejahterakan Masyarakat, Angkat Persoalan Daerah ke Tingkat Nasional

PENULIS : BAMBANG SUBAGIO
EDITOR : DORA

INFOJAMBI.COM – Ketua DPD RI, La Nyalla Mattalitti, minta seluruh senator mengangkat persoalan daerah ke tingkat nasional. Bukan sebaliknya, membawa isu nasional ke daerah.

Gagasan dasar pembentukan DPD RI menjembatani kepentingan daerah dengan kebijakan nasional, sekaligus memberi peran lebih besar kepada daerah dalam pengambilan keputusan politik yang berkaitan dengan kepentingan daerah.

“Hal tersebut menjadi bagian penting dari pembentukan dasar DPD RI, peran seluruh anggota DPD RI sangat diperlukan guna menyejahterakan masyarakat yang tinggal di daerah,” ujar La Nyalla saat membuka press gathering bertema “Sinergitas DPD RI dan Insan Pers Guna Penguatan Peran DPD RI dalam Memperjuangkan Aspirasi Daerah”, di Surabaya, Jawa Timur, Jum’at (1/11/2019) malam.

La Nyalla mengungkapkan, DPD lahir dari konsensus politik nasional, untuk memperkuat fungsi perwakilan daerah di tingkat nasional, di samping perwakilan politik DPR RI.

“Saya menekankan kepada seluruh senator untuk mengangkat persoalan daerah ke tingkat nasional. Bukan sebaliknya, membawa isu nasional ke daerah, ” kata La Nyalla.

La Nyalla berharap seluruh senator melihat, mencermati, mengidentifikasi dan menemukan jalan keluar persoalan-persoalan di daerah sebagai masukan kepada pemerintah.

“Untuk itu, kita membutuhkan peran media massa sebagai medium katalisator agar persoalan tersebut segera tertangani,” katanya.

La Nyalla mengaku telah meminta DPD RI menjalin sinergi dan komunikasi yang harmonis dengan semua lembaga negara, terutama pemerintah, demi mempercepat pembangunan di daerah.

Apalagi Presiden Joko Widodo sudah menyatakan akan menjalankan konsep pembangunan dengan pendekatan Indonesia Sentris, yang artinya merata, tidak hanya di Pulau Jawa. Sejatinya, wajah Indonesia adalah wajah 34 provinsi dari Sabang sampai Merauke.

“Sebagai pimpinan DPD RI, melalui kegiatan ini, saya berharap dapat tercipta sinergisitas kerja antara DPD RI dan insan pers sehingga apa yang kami cita-citakan dapat lebih cepat terwujud,” kata La Nyalla.

Senator Indonesia asal Jawa Timur ini menegaskan, peran pers di parlemen begitu besar, karena secara terus-menerus tanpa kenal lelah mempublikasikan semua proses dan hasil-hasil sidang hingga berbagai peristiwa yang selama ini terjadi di DPD RI.

“Tanpa pers masyarakat sulit mendapat informasi tentang hasil dan keputusan DPD RI yang terkait langsung dengan kepentingan daerah, ” katanya. ***

Kategori Nasional

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.