Sekda: Ciptakan Merangin Aman dan Kondusif

Sekda Merangin, H Sibawaihi (kanan) ll foto: Teguh

BANGKO – Sekda Merangin, H Sibawaihi, mengajak seluruh umat beragama di Kabupaten Merangin, untuk bersama-sama menciptakan suasana Bumi Tali Undang Tambang Teliti yang aman dan kondusif.

Himbauan itu diungkapkan Sekda, saat membuka acara penyuluhan peningkatan toleransi dan kerukunan dalam kehidupan beragama, di aula Badan Kesbangpol Merangin, Minggu (21/5).

“Tujuan dilaksanakannya penyuluhan tersebut, untuk menjaga suasana harmonisasi hubungan Tri Kerukunan umat beragama,” ujar Sekda.

Hubungan Tri Kerukunan umat beragama, jelas Sekda, yaitu hubungan intern sesama umat beragama, antar umar beragama dan antar umat beragama dengan pemerintah.

Apabila ketiga hubungan itu terjadi lanjut Sekda, diharapkan  Kabupaten Merangin akan selalu aman dan kondusif.

“Keberadaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sebagai wahana untuk saling tukar informasi,” jelas Sekda.

FKUB harus melakukan dialog dengan pemuka agama dan masyarakat, menampung aspirasi khususnya aspirasi dari pemuka ormas keagamaan, ujar Sekda.

Selain itu, kata Sekda, FKUB melakukan sosialisasi peraturan dan kebijakan dibidang keagamaan, yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama dan pemberdayaan masyarakat. Termasuk, memberikan rekomendasi tertulis atas permohonan pendirian rumah ibadah.

Untuk pendirian lokasi rumah ibadah jelas Sekda, harus ditinjau dari berbagai sisi, sehingga tidak terjadi keributan masyarakat setelah rumah ibadah itu berdiri.

“Saya berharap kepada para pengurus FKUB, agar memperhatikan isu-isu aktual yang dapat menyulut gesekan antar pemeluk agama dan mengancam stabilitas kehidupan umat beragama, terutama dari ancaman paham radikalisme dan paham ekstrim lainnya,” ungkap Sekda lagi. (infojambi.com)

Laporan : Teguh ll Editor : M Asrori

Kategori Merangin

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.