Senin, 17 Desember 2018 | 15:00

Sekda Himbau Masyarakat Terapkan Perilaku Hidup Sehat

ADVERTORIAL
Editor : M Asrori S

Sekda Provinsi Jambi, H M Dianto, memberikan keterangan pers kepada sejumlah wartawan.

INFOJAMBI.COM – Sekda Provinsi Jambi, H.M.Dianto, mengimbau agar masyarakat menerapkan perilaku hidup sehat dimulai dari diri sendiri. Pernyataan ini disampaikannya saat menjadi inspektur upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tingkat Provinsi Jambi di lapangan kantor Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Senin (12/11/2-18).

HKN diperingati setiap 12 November, baik ditingkat pusat maupun daerah. Tema HKN tahun 2018 yaitu “Aku Cinta Sehat”, dengan subtema HKN 2018 “Ayo Hidup Sehat, Mulai dari Kita.”

Tema ini sejalan dengan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) yang menekankan pada upaya promotif dan preventif sebagai pendekatan pembangunan kesehatan.

Dalam peringatan ini, Pemprov Jambi melalui Dinas Kesehatan memberikan penghargaan kepada insan kesehatan yang berprestasi dengan beberapa kategori penilaian, diantaranya piala bergilir Puskesmas berprestasi, tenaga kesehatan teladan di Puskesmas seperti dokter, dokter gigi, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga gizi, tenaga ahli laboratorium, dan tenaga kefarmasian.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Kadis Kesehatan Provinsi Jambi dr. Samsiran Halim, insan kesehatan dari Dinas Kesehatan, rumah sakit pemerintah dan swasta, organisasi profesi, dan mahasiswa kesehatan ikut andil dalam upacara ini.

Sekda mengatakan, seperti diamanatkan Menteri Kesehatan dalam sambutannya, agar pemerintah menjadi pengayom bagi masyarakat, untuk menerapkan perilaku hidup sehat.

Menteri Kesehatan, menegaskan, HKN ke 54 tahun ini, kedepan kita harus mengayomi seluruh masyarakat. Angka indikator kesehatan masyarakat itu, ternyata terjadi peningkatan, dibandingkan dengan tahun 2013 yang lalu, ada peningkatan jumlah perokok remaja, lalu jumlah penderita hipertensi meningkat, lalu jumlah penderita diabetes meningkat. Artinya, bahwa pola hidup masyarakat kita semakin hari semakin memprihatinkan.

Karena itulah pihak Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, mengadakan berbagai lomba baik untuk dokter maupun untuk perawat, bahkan untuk Puskesmas terbaik ada juga Klinik Mandiri, lalu ada juga dokter kecil, semuanya diberikan penilaian, agar kedepan kalau terjadi penilaian tentang kesehatan masyarakat angkanya akan jauh menurun,” ujar Sekda.

Sekda menekankan, sesuai tema HKN yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan yaitu “Ayo Hidup Sehat Mulai dari Kita.

”Artinya gerakan ini harus terus kita sampaikan dan terapkan pada kita pribadi, lalu keluarga, maka lingkungan masyarakat dan dari yang disampaikan ada beberapa desa dan daerah yang mendapatkan penghargaan tentang PHBS atau Pola Hidup Bersih dan Sehat.

“Inilah yang harus kita sosialisasikan kepada masyarakat, agar nantinya kita dalam penilaian kesehatan menjadi yang terdepan dan dapat memberikan contoh yang terbaik bagi masyarakat,” lanjut Sekda.

Kita juga memberikan apresiasi kepada Kementerian Kesehatan yang telah memberikan penilaian kepada Provinsi Jambi yang mendapatkan penghargaan juara pertama untuk Sekolah Sehat, yaitu SD Xaverius I Jambi, mendapatkan peringkat pertama nasional dan kemudian untuk Kabupaten Merangin ada SLTA mendapatkan juara II.

“Kita minta dukungan dari seluruh pemerintah kabupaten/kota, agar kita melaksanakan sesuai dengan amanah Menteri Kesehatan yang mengamanatkan kepada kita, sesuai tema kesehatan tahun ini, Ayo Hidup Sehat Mulai dari Kita, Mudah-mudahan rekan-rekan media pers juga mendukung kegiatan pola hidup sehat,” jelas Sekda.

Sementara, Menkes Prof Dr.dr.Nila Farid Moeloek, Sp.M(K), dalam sambutannya dibacakan Sekda menyampaikan, bahwa “Ayo Hidup Sehat, Mulai dari Kita” merupakan slogan yang harus digaungkan dan dilaksanakan sebagai insan kesehatan.

“Mulai dari kita” akan dapat mengubah wajah kesehatan Indonesia, apabila dilakukan oleh seluruh masyarakat di negeri ini. Tema HKN 2018 sejalan dengan program Indonesia sehat, melalui pendekatan keluarga, mengajak seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup,” ungkap Menkes.

Peringatan HKN ke-54, tegas Menkes, merupakan momen untuk mengubah upaya kesehatan dari bersifat kuratif menjadi preventif dan promotif. Mengubah gaya hidup menjadi hidup sehat, dimulai dari diri sendiri merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

Masyarakat yang sehat merupakan modal ketangguhan suatu bangsa. Keterlibatan seluruh komponen bangsa, mencakup pemerintah, swasta, dan masyarakat dibutuhkan baik di pusat maupun daerah.

“Saya mengharapkan kegiatan ini, dapat dimanfaatkan untuk menyosialisasikan kebijakan pembangunan berwawasan kesehatan dan memperkenalkan program-program kesehatan, guna mendapatkan dukungan politis serta dukungan sumber daya dari seluruh jajaran pemerintah pusat dan daerah,” jelas Menkes. ( Maria/Humasprov )


Kategori Provinsi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.