Sabtu, 15 Desember 2018 | 23:33

Sekda: Jambi Tuntas Expo Memacu Kreativitas dan Inovasi Pelaku Usaha

ADVERTORIAL
Editor : M Asrori S

Sekda Provinsi Jambi, H M Dianto, memberikan keterangan pers kepada sejumlah wartawan.

INFOJAMBI.COM – Sekda Provinsi Jambi, H.M.Dianto, mengatakan, Jambi TUNTAS Expo 2018, merupakan ajang untuk memacu kreativitas dan inovasi para pelaku usaha, untuk menciptakan produk unggulan yang dapat dipasarkan sebagai peningkat perekonomian masyarakat, sekaligus momentum untuk mempromosikan produk Jambi.

Sekda mengatakan hal itu saat pembukaan Jambi TUNTAS Expo 2018, Pameran Skala Nasional Bidang Investasi, Pariwisata dan Perdagangan, di Jamtos (Jambi Town Square), Kamis (22/11/2018).

Dalam kesempatan itu hadir Direktur Badan Pengawas Perdagangan dan Komoditi, Bayu Kistanto, Plt Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori, Forkopimda Provinsi Jambi, para bupati/walikota se Provinsi Jambi, Kadis Disperindag Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, serta para pelaku usaha UMKM kabupaten/kota.

Sekda mengatakan, Pemprov Jambi terus berupaya dan mencarikan solusi strategis memberdayakan sumber daya yang dimiliki, sebagai peluang investasi dan pembiayaan pembangunan di semua sektor.

“Pemprov Jambi terus melakukan kerjasama dengan institusi pemerintah lain, maupun dengan lembaga-lembaga, agar mendorong pelaku usaha dalam menjalin kerjasama, tujuannya agar perekonomian masyarakat dapat meningkat,” ungkap Sekda.

Pentas seni pembukaan Jambi Tuntas Expo 2018.

Ajang Jambi TUNTAS Expo 2018, lanjut Sekda, dapat menjadi wadah dan sarana interaksi serta temu bisnis, antara pelaku usaha atau produsen dari kabupaten/kota se Provinsi Jambi dan luar Provinsi Jambi dengan calon konsumen, serta saling tukar informasi untuk kemajuan bisnis dalam peningkatan perekonomian masyarakat.

“Agar dapat mendorong kreativitas dan inovasi para pengrajin atau produsen, serta membina produk unggulan daerah atau tradisional, senantiasa menghasilkan produk-produk yang diminati pasar, saling tukar informasi agar produk yang dihasilkan mempunyai daya saing tinggi ditingkat pasar global,” ujar Sekda.

Secara spesifik, menurut H M Dianto, Jambi TUNTAS Expo 2018, sebagai bagian dari komunikasi untuk mewujudkan suatu sinergitas dan kolaborasi proses pembangunan, antara pemerintah dan masyarakat bersama swasta sebagai stakeholder,” jelas Sekda.

Lebih lanjut sekda menyatakan, Jambi TUNTAS sebagai media promosi, bagi produk unggulan Provinsi Jambi yang memerlukan investor, untuk mengembangkan lebih luas, baik hulu maupun hilir.

“Pameran skala nasional dapat memacu kreativitas dan inovasi para pelaku bisnis, guna menciptakan berbagai produk unggulan yang dapat dipasarkan dan dapat menarik para investasi di Provinsi Jambi,” terang Sekda.

Plt. Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Hj. Rahima Fachrori, saat meninjau stand pameran.

Kadis Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi, Drs.Ariansyah,ME, mengatakan, Jambi TUNTAS Expo 2018, adalah inisiasi dari ketua Dekranasda Provinsi Jambi, untuk dilaksanakan sebagai wujud memperkenalkan wisata, kuliner dan produk unggulan Jambi kepada daerah luar.

“Tujuan kegiatan ini sebagai sarana promosi diberbagai bidang, investasi, sumber daya alam, indusri, pariwisata, perikanan, pertanian dan perkebunan diselenggarakan selama empat hari, 22–25 November 2018, diikuti 43 stand, terdiri 22 stand Provinsi Jambi dan 21 stand dari luar provinsi, dari Sumatera Barat, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Bandung, Jawa Timur, Jawa Tengah, Solo, Klaten, Kabupaten Minahasa Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Kalimatan Selatan, Sumaetra Utara,” terang Ariansyah.

Dikesempatan sama penyelenggarakan Jambi Tuntas Expo 2018 kali ini, juga dilaksanakan Festival Kopi nusantara, ujar Ariansyah.

Jambi TUNTAS Expo 2018 ditandai dengan pengguntingan pita oleh Plt. Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Hj. Rahima Fachrori, dilanjutkan peninjauan stand pameran produk UMKM. ( Sapra Wintani/Humasprov )


Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.