Sekda : Masyarakat Dapat Melihat Langsung Kegiatan Positif Pramuka

PENULIS : RAIHAN
EDITOR : M ASRORI S

Sekda Provinsi Jambi, H M Dianto (Foto/dok)

INFOJAMBI.COM – Semangat gerakan pramuka mengedepankan pembangunan karakter dan semangat perjuangan bangsa, tegas Sekda Provinsi Jambi, H.M.Dianto saat memberikan sambutan, pada pembukaan Temu Lomba Panegak dan Pandega (TLTD) IV Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi, di Lapangan Desa Siulak Deras Mudik Kecamatan Gunung Kerinci Kabupaten Kerinci, Jumat (12/7/2019).

“Melestarikan nilai-nilai luhur perjuangan bangsa dan semangat Bhinneka Tunggal Ika bangsa kita, adik-adik pramuka untuk terus berjuang memelihara dan menjaga nilai-nilai nasionalisme,” ungkap Sekda.

Nilai luhur bangsa serta terus berinovasi dengan berbagai perkambangan teknologi demi kemajuan bangsa juga menjadi penekanan Sekda.

Bahkan menurut Sekda, saling mengasah keterampilan dan membina seiring dengan perkembangan teknologi informasi, maka gerakan pramuka saat ini dituntut untuk lebih berperan aktif dalam membentengi mental dan moral generasi muda dari pengaruh negative.

Pemprov Jambi beberapa tahun lalu, telah mencanangkan revitalisasi Gerakan Pramuka, begitu juga dengan jajaran Kwartir Daerah dan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka.

“Mulai siswa SD sampai SMA, dari anak-anak muda kita agar anak-anak muda jauh dari hal-hal yang negative, dengan mengarahkan untuk mengikuti kegiatan pramuka disekolahnya masing-masing sedangkan para guru selaku Pembina untuk dapat menyelenggarakan kegiatan kepramukaan,” papar Sekda.

Untuk pertama kalinya kegiatan TLTD, dilaksanakan keluar dari Bumi Perkemahan Sungai Gelam, tentunya menjadi sejarah tersendiri bagi Kabupaten Kerinci.

“Pemprov Jambi memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Gerakan Pramuka, ada tantangan baru alam yang berbeda dan saat ini di Kerinci dan masyarakat setempat, bisa melihat kegiatan pramuka itu banyak positifnya, bisa bersosialisasi bekerja sama dan selamat bekerja, berjuang, teruslah berkreasi dan berkarya menuju masa depan yang lebih cerah, untuk itu kita persembahkan kepada masyarakat,” tutup Sekda.

Menurut laporan Ketua Sangga Kerja Zainal Amra menyampaikan, 320 peserta dari masing masing Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi mwngirimkan 16 peserta putra dan 16 peserta putri sedangkan Kabupaten Tanjung Jabung Timur tidak mengikuti kegiatan TLTD IV.

Kakwarda Jambi, H.Sudirman, merasa bangga dan kesempatan pertama Kabupaten Kerinci, menjadi tuan rumah yang biasanya TLTD I, TLTD II, TLTD III selalu dilaksanakan di Bumi Perkemaham Sungai Gelam.

“Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya Kepada Bupati Kerinci, Wakil Bupati Kerinci, dan seluruh jajaran sampai kepada Camat, Kades, tokoh-tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat di Siulak Deras Mudik, merupakan pertemuan besar bagi Pramuka Panegak dan Pramuka Pandega yang dikemas dalam bentuk perlombaan yang bertujuan meningkatkan kualitas diri Pramuka Panegak dan Pramuka Pandega, baik sebagai individu maupun kelompok,” ujar Kakwarda Jambi.

Dikatakan Sudirman, kompetisi bagi gerakan pramuka, merupakan salah satu alat pendidikan, khususnya bagi peserta didik sebagai upaya penanaman nilai-nilai positif seperti kejujuran, tanggung jawab, kepemimpinan, sportifitas kerjasama, kemandirian dan nilai positif lainnya.

“Sasaran akhir, terbentuknya kepribadian yang dapat menjadi teladan bagi orang lain dengan kompetensi manajerial, kompetensi intelektual,” harap H.Sudirman.

Lahirnya Kegiatan TLTD

Kegiatan TLTD merupakan agenda rutin Kwarda Jambi, setiap lima tahun sekali atau satu kali tiap masa bakti kepengurusan Kwartir Daerah Jambi, Digagas oleh Dewan Kerja Daerah (DKD) Kwarda Jambi, pada Masa Bhakti 2002-2007.

Kegiatan tersebut identik dengan karya dan bakti, menjadi alasan lahirnya gagasan utama penyelenggaraan kegiatan prestasi bagi Pramuka Penegak dan pandega.

Pertama dilaksanakan tahun 2006 di Bumi Perkemahan Abdurrahman Sayoeti Musa Jambi, TLTD II dilaksanakan tahun 2010, juga ditempat yang sama. TLTD III dilaksanakan tahun 2015 dengan konsep pengembaraan dari Kota Jambi menuju Bumi Perkemahan Sungai Gelam dengan berjalan kaki, transit pada beberapa lokasi.

“Untuk TLTD ke IV konsepnya pengembaraan, seluruh peserta berpindah lokasi kegiatan dari satu tempat ke tempat yang lain dengan berjalan kaki, dari Siulak Deras Mudik sejauh 12 KM menuju lapangan PTPN 6 untuk bermalam dan melanjutkan perjalanan sejauh 13 KM menuju Desa Bendung Air Timur di Kayu Aro,” jelas H. Sudirman.

Julizarman Asisten I Kerinci mengharapkan peserta TLTD IV, merasa nyaman selama berada di Bumi Sakti Kerinci.

“Merupakan suatu kebanggaan bagi kita, karena ini tingkat provinsi dan ditunjuk sebagai tuan rumah, terima kasih kepada masyarakat Siulak Deras Mudik dan mari kita menyukseskan kegiatan ini, memberi dukungan moril dengan adanya kegiatan ini, bermanfaat bagi adik-adik dan masyarakat sekitar,” ujar Julizarman. ( Humasprov )

Kategori Provinsi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.