Jumat, 16 November 2018 | 19:11

Sekda : Pemerintah Siap Sukseskan Pemilu Serentak 2019

ADVERTORIAL

Teleconference terkait pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019, di Polda Jambi.

INFOJAMBI.COM – Sekda Provinsi Jambi, H.M.Dianto, menyatakan, bahwa Pemprov Jambi siap bersinergi bersama TNI/Polri dalam penyelenggara Pemilu, untuk mensukseskan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019.

Pernyataan ini disampaikan Sekda, usai mendengarkan teleconference Penyelenggaraan Pemilu Serentak tahun 2019 dari Jakarta, dipimpin Menkopolhukam,Wiranto.

Teleconference di Polda Jambi, Senin (24/4/2018) itu, dihadiri Kapolda Jambi Irjen Pol.Muchlis AS, Danrem 042/Gapu Kol Inf. Dany Budianto, Bupati/Walikota se Provinsi Jambi

Tugas pemerintah daerah adalah untuk menyediakan anggaran dan fasilitas penyelenggaraan Pemilu, kata Sekda.

“Mendagri menegaskan, pemerintah daerah harus memberikan support dan dukungan terhadap pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 mendatang. Bentuk dudkungan itu menyangkut anggaran dan fasilitas pengamanan guna mewaspadai politik anggaran dan penyalahgunaan fasilitas Negara, ujar Sekda.

Sementara untuk menjaga netralitas ASN, seperti keberadaan TNI /Polri, bahwa pemerintah daerah juga harus menjaga para ASN, jangan ikut berpolitik praktis serta tidak dibenarkan. Karena itulah kepala daerah harus bisa menjaga netralitas ASN dalam rangka Pileg dan Pilpres, kata Sekda menambahkan.

Kapolda Jambi menyatakan, rapat kerja yang dipimpin Menkopolhukam di Jakarta itu, dihadiri Panglima TNI , Kapolri, Mendagri, KPU, Bawaslu Pusat.

“Pertemuan ini guna mensinergikan pola tindak dan cara pencegahan, menghadapi Pemilu tahun 2019,” tegas Kapolda Jambi.

Sinergitas itu menurut Kapolda, Pertama sinergitas seluruh aparat pengamanan ataupun penyelenggaraan pemilu. Kedua adalah untuk aparat keamanan aparatur sipil negara TNI Polri dan ASN, untuk menjamin netralitas dalam menghadapi pemilu. Ketiga adalah profesionalitas dari seluruh penyelenggara Pemilu, khususnya KPU dan Bawaslu hingga ke tingkat KPPS.

Semua langkah itu kata Kapolda Jambi, itu penting dalam rangka mengurangi konflik yang kemungkinan terjadi sampai pada penghitungan dan penetapan hasil perhitungan suara Pileg maupun Pilpres. Ditingkat KPU.

Terpenting lagi tegas Kapolda Jambi, Irjen Pol.Muchlis AS, adalah peran serta seluruh pemangku kepentingan, masyarakat dan tokoh agama, tokoh pemuda, LSM termasuk peran media, agar bisa menyejukkan suasana penyelenggaraan Pemilu, berjalan aman dan damai.

Danrem 042/Gapu Jambi, Kol Inf. Dany Budianto, menyatakan, bahwa TNI akan menjaga netralitas, tidak terlibat dalam politik praktis dan TNI akan menyiapkan pasukan untuk membackup tugas kepolisian. Pihaknya sudah dikoordinasikan dengan Polda Jambi.

Anggota TNI dan keluarga besar TNI, turut serta mensukseskan pelaksanaan Pemilu, dapat berjalan lancar damai, sejuk dan aman,” ujar Danrem. ( Maria/Rony )

Editor : M Asrori S


Kategori Provinsi

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.