Sekda : Perkuat Peranan Keluarga Cegah Penggunaan Narkotika

PENULIS : MARIA/MUSTAR
EDITOR : M ASRORI S

Sekda Provinsi Jambi, H M Dianto, (dua) dari kanan ( Foto/Mulyadi

INFOJAMBI.COM – Sekda Provinsi Jambi, H M Dianto, mengemukakan, peran keluarga harus terus diperkuat untuk mencegah penggunaan narkotika.

Sekda mengatakan hal itu, dalam peringatan Hari Anti Narkotika Internasional Tingkat Provinsi Jambi dan Hari Keluarga Nasional ke-26 tahun 2019 yang dilaksanakan di lapangan kantor Gubernur Jambi, Rabu (26/6/2019).

Sekda mengajak seluruh masyarakat untuk dapat menjadikan momentum Peringatan Hari Anti Narkoba ini, sebagai pemacu bagi keluarga Indonesia meningkatkan kembali interaksi antara anggota keluarga yang akan mewujudkan terciptanya ketahanan dan kesejahteraan keluarga, terutama bersama-sama menjadi kekuatan untuk memerangi penyalagunaan narkotika.

Hadir pada kesempatan ini, Kepala BNN Provinsi Jambi, Kombes Pol. Heru Pranoto, Forkopimda Provinsi Jambi, Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, dan para undangan lainnya. Dikesempatan itu dilakukan pemusnahan 76 paket daun ganja total berat 72.351,22 gram.

Sekda menjelaskan, dalam konteks pencegahan penyalahgunaan narkotika, keluarga sebagai satuan sosial terkecil memiliki peran penting dalam membangun suatu bangsa. Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam membentuk kepribadian anak bangsa dan kehidupan bernegara.

”Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-26 dan Hari Anti Narkotika Internasional tahun 2019 ini, dapat dijadikan sebagai daya dorong bagi pemerintah pusat khususnya BNN dan BKKBN, pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota, untuk saling bersinergi bersama masyarakat dalam rangka memerangi penyalahgunaan narkotika, sekaligus memperkuat ketahanan keluarga demi mewujudkan Indonesia sejahtera dan Jambi TUNTAS 2021,” ujar Sekda.

Sekda menegaskan, penanggulangan permasalahan narkotika harus dilakukan secara terstruktur, sistematis, dan massif, dengan melibatkan seluruh komponen bangsa.

Pemusnahan 76 paket daun ganja total berat 72.351,22 gram.

”Penanggulangan itu dapat dilakukan secara seimbang melalui pendekatan hukum dan pendekatan kesehatan, sosial, serta pendidikan, sehingga upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkotika di Indonesia dapat dilaksanakan dengan baik,” ujar Sekda.

Menurut Sekda, peringatan Hari Anti Narkotika Internasional ini merupakan upaya pemerintah dan stake holder untuk menghadapi permasalahan narkotika. Hari ini kita memperingati Hari Anti Narkotika Internasional dan Harganas, ini merupakan upaya dari pemerintah dan stake holder lain bagaimana kita bisa mengatasi masalah narkotika.

“Karena masalah narkotika ini bukan hanya di Provinsi Jambi, tapi terjadi di seluruh provinsi, dan kita berharap keluarga yang menjadi cikal bakal pembinaan, pendidikan, dan kesejahteraan, dapat terus ditingkatkan, karena dengan peranan keluarga ini yang menjadi pencegah dini terjadinya penyalahgunaan narkotika, dapat menghasilkan generasi muda yang kuat dan berprestasi dan dapat bersaing dengan negara lain,” ujar Sekda.

Kepala BNN Provinsi Jambi, Kombes Pol. Heru Pranoto, menegaskan, peringatan Hari Anti Narkotika Internasional ini, wujud keprihatinan dunia terhadap narkotika yang sudah mengancam di seluruh dunia.

Saat ini kata Kepala BNN, yang akan kita lindungi dan diselamatkan adalah generasi milenial yang nantinya akan menjadi pemimpin-pemimpin dan untuk melindungi para generasi muda, kita telah melakukan upaya maksimal, berupa pencegahan dan penindakan.

Dalam upaya pencegahan, tambah Kombes Pol Heru, kita terus melakukan sosialisasi bahkan membentuk Desa Anti Narkoba, sedangkan untuk penindakan kita telah melakukan penangkapan terhadap 21 tersangka dan paket ganja.

“Untuk itu, kita akan terus menggelorakan semangat untuk memberantas narkotika, agar Provinsi Jambi tidak lagi menduduki peringkat penyalahgunaan narkotika,” tegas Kepala BNN Provinsi Jambi. ( Humasprov )

Kategori Provinsi

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.