Selasa, 25 September 2018 | 20:29

Sekjen Golkar : Gaya Komunikasi Jokowi Unik

Laporan Bambang Subagio

INFOJAMBI.COM – Sekjen DPP Partai Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus, mengatakan, Presiden Jokowi yang sederhana itu, memiliki gaya komunikasi politik yang unik. Bahkan, seni komunikasinya menjadi panutan masyarakat luas Indonesia.

“Itulah yang disebut sebagai leadership sesuai dengan kondisi jaman now. Ternyata seni komunikasinya, menjadi panutan masyarakat luas Indonesia,” ujar Sekjen Lodewijk, dalam sambutan peluncuran buku ‘Komunikasi Politik Jokowi’ karya Ketua DPP Partai Golkar Andi Budi Sulistijanto’ di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Jumat (9/3).

Selain Sekjen DPP Golkar, juga hadir Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siraj, jajaran pengurus Golkar dan para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jakarta.

Lodewijk menyebut Bung Karno, Soeharto, BJ. Habibie, Gus Dur, Megawati, dan SBY. Semua mantan Presiden RI itu, memiliki karakter dan seni masing-masing dan gaya komunikasinya berbeda-beda.

“Jadi, gaya kepemimpinan itu tergantung kepada karakter masing-masing pemimpin untuk membawa Indonesia ke depan. Karena masanya berbeda, maka pengikutnya juga berbeda,” tambah Lodewijk.

Lodewijk meminta para mahasiswa yang hadir dan memiliki tanggung jawab besar, mengingat akan menjadi pemimpin di era Indonesia emas tahun 2045, bisa belajar gaya kepemimpinan Jokowi, melalui buku karya Andi Budi tersebut.

“Jokowi yang sedemikian sederhana, dari pengusaha mebel, walikota Solo, gubernur DKI Jakarta, dan menjadi Presiden RI,” katanya.

Sementara Said Aqil, menilai apa yang dilakukan oleh Jokowi, adalah membangun geneologi Islam nusantara, ke dalam keseharian dengan baik dan perlu.

“Jadi, apa yang disampaikan oleh Jokowi, baik melalui pesan yang melingkupi pakaian, tata cara, perilaku hingga pesan lisan semua mengarah pada kesederhanaan. Politik Indonesia yang kental dengan tradisi santun, melihat Indonesia yang khas dengan kenusantaraan,” ujarnya.***


Kategori Politik

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.