Selamat Jalan BJ Habibie, Bapak Demokrasi

PENULIS : TIM LIPUTAN
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Setelah dirawat selama sembilan hari, Presiden ke-3 Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie yang terkenal dengan julukan Bapak Demokrasi wafat.

BJ Habibie wafat di RSPAD Gatot Soebroto, 11 September 2019, pada usia 83 tahun, pukul 18.05 WIB.

BJ Habibie lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936. Almarhum merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo. Habibie yang menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 ini dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

Habibie disumpah oleh Ketua Mahkamah Agung menjadi Presiden RI menggantikan Presiden Soeharto yang mengundurkan diri pada 21 Mei 1998. Sebelumnya, BJ. Habibie menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia ke-7, menggantikan Try Sutrisno. Presiden Soeharto menyerahkan jabatan presiden kepada Habibie berdasarkan Pasal 8 UUD 1945.

Sebelumnya Habibie menjabat sebagai Menteri Negara Ristek/Kepala BPPT selama 20 tahun, memimpin 10 perusahaan BUMN Industri Strategis.Sampai akhirnya Habibie dipaksa pula lengser akibat referendum Timor Timur yang memilih merdeka. Pidato pertanggungjawabannya ditolak MPR RI.

Sementara malam ini Rabu (11/9/2019) sekitar pukul 20.15 wib jenazah diberangkatkan dari RSPAD Gatot Soebroto, kerumah duka untuk disemayamkan, sebelum dimakamkan besok Kamis (12/9/2019) menurut rencana di Taman Makam Pahlawan Kalibata yang akan dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo. (WN).***

Kategori Lensa

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.