Selangkah Lagi Tabir Raya Lahir, Al Haris Dapat Pujian

Al Haris (duduk berbaju putih) saat silaturrahmi dengan masyarakat Tabir Raya || teguh

BANGKO — Selangkah lagi, Bupati Merangin, Al Haris, sukses melahirkan kabupaten pemekaran, Tabir Raya. Ini tersirat dari pertemuan yang berlangsung Jum’at kemarin, di Rantaupanjang, Tabir.

Pembentukan Kabupaten Tabir Raya sepertinya bakal terwujud. Pasalnya, 83 rencana pemekaran kabupaten di Indonesia sudah siap diajukan ke DPR RI. Tabir Raya berada di peringkat atas.

“Nanti dari 83 rencana kabupaten itu disortir, daerah yang dianggap sudah mantap masuk kriteria pemekaran. Saya terus menjaga komunikasi dengan tim pusat,” ungkap Haris.

Selain itu, setiap kali bertemu Menteri Dalam Negeri, Haris selalu mengingatkan tentang pemekaran Tabir Raya. Dia terus mengawal rating Tabir Raya, agar berada di bagian teratas.

Tahun 2016, Haris menandatangani MoU dengan BIG untuk pembuatan pemetaan tapal batas kabupaten. Tahun ini Haris menganggarkan dana pemetaan tapal batas Merangin dan Tabir Raya sebesar Rp 1,4 miliar.

“Walaupun kondisi APBD kita diperkada, saya tetap menganggarkan dana ini, karena saya ingin Kabupaten Tabir Raya cepat lahir. Saya berharap kalau sudah mekar, perekonomian Tabir Raya jadi lebih bagus,” jelas Haris.

Tabir Raya dekat dengan Bandara Bungo. Ini merupakan salah satu faktor kemajuan suatu daerah, jika ada bandara atau lokasinya dekat dengan bandara.

Guna mempercepat proses lahirnya Tabir Raya, Haris telah mendudukkan putra Tabir, Haji Syafri sebagai Asisten I Setda Merangin. Tugasnya salah satunya mengurusi pemerintahan.

“Delapan kecamatan di Tabir Raya nanti juga bisa dimekarkan, sehingga tambah banyak. Saya harap masyarakat bersatu padu, karena pengaruhnya sangat luar biasa. Saya juga sudah siapkan administrasi pemekaran Tabir Raya,” ujar Haris.

Administrasi yang disiapkan diantaranya jaminan dana pilkada pertama, mengusulkan pemisahan penduduk, pembagian aset, dan soal tapal batas daerah. Peta ini merupakan salah satu penilaian dalam pemekaran.

Haris mengingatkan bagian pemerintahan agar pemekaran tidak memberatkan masyarakat. Dia terus berjuang dan membuka diri dalam pemekaran Tabir Raya, termasuk mempertemukan gubernur dengan perwakilan rakyat Tabir Raya.

Haji Zakaria Saleh, ketua panitia pemekaran Tabir Raya, mengucapkan terima kasih pada Al Haris. Dia menilai di masa kepemimpinan Haris progres pemekaran Tabir Raya berjalan cepat.

Sabri Sanan, ketua dewan panesehat Tabir Raya dan tokoh masyarakat Tabir serta mantan anggota DPRD Sarko, mengaku seperti bermimpi melihat proses pemekaran Tabir Raya berlangsung cepat.

“Bupati membantu kami benar-benar dari hati. Terima kasih, Pak Bupati,” ujar Sabri. (infojambi.com)

Laporan : Teguh || Editor : Doddi Irawan

 

Kategori Politik

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.