Rabu, 20 September 2017 | 14:42

Seminggu Sekali Ada Pentas Seni Daerah di Rumdis Bupati

Bupati dan Wabup Merangin apesiasi kesenian daerah ll Foto : Teguh

BANGKO – Bupati Merangin menginstruksikan para camat di wilayahnya harus mampu menggali sekaligus peduli terhadap kesenian tradisional di daerahnya.

Kesenian daerah itu nanti akan ditampilkan seminggu sekali di rumah dinas, kata Bupati Merangin, H Al Haris, pada acara pentas seni pertunjukan kesenian Jawa di Pendopo rumah dinas Bupati, Minggu (12/2) malam.

“Kita patut berbangga, karena para penggiat seni atau seniman-seniman Merangin, baik dari Jawa, Medan dan asli Merangin, masih semangat berhastrat mengembangkan dan melestarikan budaya kita,” ujar Bupati.

Kesempatan kali ini, tampil seni pertunjukan dari Kesenian Jawa, dan nanti kita gilir seni pertunjukan dari kesenian daerah lainnya.

Menurut Al Haris, kegiatan ini dilakukan untuk menghargai para pelaku seni di Kabupaten Merangin. Sekarang ini Pemkab tengah menyiapkan terbentuknya kembali Dewan Kesenian Merangin (DKM).

“Kita patut berbangga karena pada peringatan HUT Provinsi Jambi ke-70 lalu, kesenian kita Musik Kalinong, berhasil mendapat penghargaan Warisan Harta Tak Benda dari Kementerian Kebudayaan,” ujar Bupati Al Haris mengingat kembali.

Wabup H A Khafid Moein, yang hadir saat itu saat itu menambahkan, kegiatan pentas seni itu akan membangkitkan kembali dunia seni di daerahnya.

“Kedepan kesenian dari seluruh daerah di Indonesia yang ada di Merangin akan ditampilkan. Malam ini hanya awal pembuka dari kegiatan pentas seni ini,” ujar Wabup.

Walidi, selaku pimpinan Kesenian Kuda Lumping Krido Turonggo Rahayu dari Desa Pulau Tujuh Kecamatan Renah Pamenang, menyambut baik upaya Bupati menggelar agenda pentas seni di rumah dinas Bupati.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wabup Merangin, karena telah melakukan hal-hal positif untuk kesenian. Sebagai ajang pemersatu seni budaya dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Merangin,” ungkap Walidi. (infojambi.com)

Laporan : Teguh ll Editor : M Asrori

Kategori Merangin

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.