Seniman dan Jurnalis Jambi Gelar Malam Penggalangan Dana Untuk Pak Saidin

PENULIS : RIFKY RHOMADONI
EDITOR : M ASRORI S

Pagelaran Seni Theater dalam rangka penggalangan dana untuk pak Saidin di Taman Budaya Sungai Kambang (Foto/Rifky Rhomadoni).

INFOJAMBI.COM – Seniman dan Jurnalis Jambi menggelar malam penggalangan dana untuk Saidin yang sedang menderita penyakit mematikan, tumor colli di bagian leher. Kini kondisi tumor colli tersebut membengkak sebesar bola kaki.

Pagelaran Seni Theater penggalangan dana ini diadakan di Theater arena Taman Budaya Jambi, Sungai Kambang Kota Jambi, Selasa (25/6/2019).

Pagelaran malam dana ini, menampilkan aksi para seniman Jambi, terdiri musikalisasi puisi, musik tradisi zikir beredah, tari topeng serta acara lelang lukisan dan alat musik.

Saidin masuk dalam catatan sebagai seorang seniman tradisi khas melayu, tinggal di Desa Lubuk Raman, Kecamatan Muara Sebo, Kabupaten Muaro Jambi. Dia diketahui mengidap penyakit mematikan ini sejak setahun lalu. Namun, ketika itu benjolan tumor di lehernya itu masih sebesar batu kerikil, barulah sekitar lima bulan kebelakang ini, kondisinya semakin membesar dan diketahui itu adalah tumor colli.

Menurut keponakan Saidin, Adi Ismanto yang turut menyaksikan pagelaran seniTtheater di Taman Budaya Sungai Kambang, mengucapkan terima kasih kepada semuanya yang mau membantu Saidin, meski tidak saling mengenal.

Adi Ismanto mengatakan, dengan kondisi tumor yang diderita pamannya itu kian membesar dan Saidin hanya bisa berbaring di tempat tidur di rumahnya.

Sampai saat ini, kata Adi sudah terkumpul dana sekitar Rp 100 juta, dterima dari sumbangan para dermawan. Nantinya, uang itu akan digunakan untuk biaya berobat Saidin di salah satu Rumah Sakit di Palembang serta akan dimanfaatkan untuk biaya hidup keluarganya, selama berada di Palembang, ujar Adi Ismanto, menambhakan.

Salah seorang Inisiator penggalangan dana, Irma Tambunan, mengatakan, sejauh ini tak hanya seniman dari Jambi saja yang melakukan penggalangan dana, tapi juga ada seniman dari Medan dan Riau. Semua ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas dari sesama seniman dari Sumatera, dan penyaluran dana akan dilakukan dalam waktu dekat, agar proses pengobatan Saidin lebih cepat.

“Selain akan diupayakan bedah operasi, Saidin juga bakal menjalani kemoterapi, agar pemulihan penyakitnya lebih cepat membaik, ujar Irma.***

Kategori Wisata - Seni - Budaya

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.