Sabtu, 19 Agustus 2017 | 20:08

Sertifikat Saja Tak Cukup, Kuasailah Tanah Anda !

Al Jabbar menyerahkan sertifikat tanah || suhairi

KOTAJAMBI — Masalah kepemilikan tanah seringkali timbul. Tidak saja terjadi dengan orang lain, tapi juga antar sesama keluarga. Sengketa tanah bahkan sampai berlanjut hingga ke pengadilan.

Untuk mengatasi hal tersebut, masyarakat dihimbau sesegera mungkin mengurus sertifikat tanah miliknya. Apabila persyaratan lengkap, pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) akan mengeluarkan sertifikatnya.

“Setelah sertifikat selesai, kuasailah tanah dengan baik. Kalau tanah masih kosong, tanami dengan tanaman dan terus pelihara,” kata Kakanwil BPN Provinsi Jambi, H Al Jabbar SHMH, belum lama ini.

Jabbar menjelaskan, surat sertifikat tanah merupakan bukti kepemilikan sah. Karena itu simpan sertifikat tanah dengan baik dan jangan dipindah tangan ke orang lain. Paling tidak diagunkan ke bank.

“Kan bisa untuk penambahan modal usaha,” ujar pria berkacamata ini.

Beberapa waktu lalu ribuan sertifikat tanah gratis diserahkan ke masyarakat kabupaten/kota di Provinsi Jambi. Misnabila, adalah salah seorang penerima asal Desa Hiang, Kerinci.

Misnabila mengaku sangat senang dan bersyukur setelah menerima sertifikat tanahnya seluas 167 meterpersegi.

Begitu juga Nurin (56), nelayan yang tinggal di RT 14 Desa Tungkal II, Tungkalilir, Tanjabbar. Apalagi sertifikat itu diterimanya langsung dari Dirjen Penataan Agraria, Jamaludin.

Kedua tangan Nurin gemetar saat menerima sertifikat tanahnya. Dia mengucapkan terimakasih pada BPN yang telah memberinya sertifikat tanah secara gratis.

“Kalau bukan melalui program ini, kami tidak punya surat tanah yang sah,” kata Nurin dan Misnabila. (infojambi.com)

Laporan : Suhairi || Editor : Doddi Irawan

 

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.