Seru dan Cerianya Anak TK di Peternakan Lele

INFOJAMBI – Peternakan lele yang berlokasi di Desa Klitik, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, mendadak dipadati puluhan murid Taman Kanak-Kanak Kartika IX Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad, Sabtu, 18 Januari 2020 pagi.

Senyum dan tawa ceria pun, tak luput menghiasi wajah murid TK Kartika tersebut ketika masing-masing murid, melempar pakan ikan ke kolam Lele itu. “Kunjungan ini, merupakan bagian dari puncak tema binatang,” kata Naya Siwabessy.

Ketua Persit KCK Ranting 4 Yonarmed 12 itu mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari pembelajaran pada anak-anak melalui metode saintifik sesuai dengan kurikulum 2013.


Danyonarmed 12/Divif 2 Kostrad, Letkol Arm Ronald, F. Siwabessy menambahkan jika pendekatan scientific, merupakan salah satu metode pembelajara yang menempatkan siswa menjadi subjek aktif. “Melalui tahapan-tahapan ilmiah, sehingga mampu mengkonstruksi pengetahuan baru, atau memadukan dengan pengetahuan sebelumnya,” ujar almamater Akademi Militer tahun 2002 ini.

Ia mengungkapkan, terdapat 5 kegiatan utama yang menjadi proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scientific.

Selainmengamati, kata Ronald, menanya, mencoba, mengasosiasi hingga mengkomunikasikan merupakan salah satu metode pendekatan scientific yang sangat baik bagi anak-anak.  “Hakikatnya, pembelajaran scientific adalah metode pembelajaran yang disajikan dalam suasana yang menyenangkan,” bebernya.

Kategori Lensa

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.