Sesjen MPR : Kedaulatan Rakyat Diharapkan Terjelma Dalam Keseharian

Sesjen MPR RI, Ma’ruf Cahyono.

JAKARTA  – Sekretaris Jenderal (Sesjen) MPR RI, Ma’ruf Cahyono, juga mengingatkan para mahasiswa, agar selalu belajar dan belajar tanpa bosan, soal Pancasila dan nilai-nilai luhur bangsa lainnya.

Aspek-aspek kognisi atau pengetahuan tentang Pancasila dan nilai luhur bangsa lainnya, terlihat mudah, tapi sesungguhnya esensinya sangat luar biasa.

“Contohnya, saya sering melihat mahasiswa dan generasi muda yang lupa syair lagu Indonesia Raya,” ujar Sesjen Ma’ruf di Auditorium Ar-Rahim Universitas Yarsi, Jakarta, Senin (8/5).

Dikatakan Ma’ruf, jika dalam tataran hal mendasar, bangsa ini sudah peduli, memahami tanpa menganggap enteng, maka hal-hal penting lainnya menyangkut Pancasila, pemahaman dan implementasinya, akan menjadi sangat mudah. Pada akhirnya akan membentuk kepribadian yang berkarakter nasional yang kuat.

Salah satu hal yang juga harus dipahami generasi muda, lanjut Ma’ruf Cahyono, adalah soal kedaulatan.  Kedaulatan tidak dipungkiri memang di tangan rakyat.

“Inti dari kedaulatan adalah, kedaulatan tersebut berada dimana saja. Kedaulatan rakyat diharapkan berada dimanapun. Berada dalam kehidupan keseharian kita,” ujarnya. (infojambi.com)

Laporan : Bambang Subagio ll Editor : M Asrori

Kategori Pendidikan

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.