Setelah Dinilai LPDS, Pemenang Lomba Jurnalistik SKK Migas  Diumumkan

Penulis : Rifky Rhomadoni || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM – Lembaga Pers Doktor Soetomo (LPDS) yang digandeng SKK Migas melaksanakan lomba jurnalistik, mengumumkan hasil penjuriannya, Minggu sore, 22 November 2020.

Pengumuman pemenang dilakukan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting. Acara pengumuman dibuka oleh Kepala Humas SKK Migas Sumbagsel, Andi Arif Pangeran.

Nama-nama para pemenang disampaikan oleh Andi Arif Pangeran yang akrab disapa Aap, disaksikan para Dewan Juri dari LPDS dan para peserta lomba.

Juara pertama jatuh pada M Surtan dari Onlinejambi.com, dengan tulisan berjudul SKK Migas – KKKS Berdayakan Masyarakat Hadapi Pandemi Covid-19. Tulisan ini mendapat nilai 238,5.

Juara kedua diraih oleh Dodi Saputra dari Antaranews.com. Tulisan berjudul Menstabilkan Ekonomi Masyarakat di Masa Pandemi karyanya diberi nilai 236.

Juara ketiga diberikan kepada Doddi Irawan mewakili Infojambi.com. Nilai 221,5 untuk tulisan berjudul Selamatkan Hulu Migas di Tengah Maraknya Illegal Drilling dan Pandemi Covid-19.

Sementara itu, juara keempat diraih oleh Ikbal Ferdiyal dari Metrojambi.com. Tulisan berjudul Efek Berganda Hulu Migas, Ikut Berpartisipasi Mencegah Penyebaran Covid-19 di Daerah Operasi mendapat nilai 210,5.

Dalam lomba ini masing-masing pemenang berhak menerima hadiah piagam dan uang tunai. Juara pertama mendapat 10 juta rupiah, juara kedua 8 juta rupiah, juara ketiga 6 juta rupiah dan juara keempat 5 juta rupiah.

Kepala Humas SKK Migas Perwakilan Sumbagsel, Andi Arief Pangeran memberi apresiasi kepada para anggota Forum Jurnalis Migas (FJM) Provinsi Jambi yang telah mengikuti lomba.

“Peserta yang belum menang tahun ini mudah-mudahan bisa menjadi juara pada lomba berikutnya,” ujar Aap.

Lomba Karya Jurnalistik SKK Migas – LPDS ini mengangkat tema efek positif industri hulu migas di era pandemi Covid-19. Tulisan yang dilombakan dimuat di media masing-masing peserta, dalam rentang 22 Oktober hingga 10 November 2020.

Usai pengumuman pemenang, acara dilanjutkan dengan sosialisasi pentingnya verifikasi perusahaan pers.

Salah seorang pemenang, Doddi Irawan dari infojambi.com, mengapresiasi kegiatan lomba yang rutin dilaksanakan SKK Migas Perwakilan Sumbagsel setiap tahun. Dia berharap pada lomba berikutnya dibagi menurut kategori.

“Seyogyanya kriteria lombanya dipisah. Untuk media daring, cetak, televisi, dan radio dibuat khusus. Masing-masing jenis media punya khas dan gaya tersendiri,” ujar Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Jambi ini.

Ketua FJM Provinsi Jambi, H Mursyid Sonsang, sejak awal sudah menyarankan pihak penyelenggara lomba agar memisahkan kategori lomba sesuai platform media.

“Seharusnya dibagi sesuai kategori. Untuk jurnalis televisi, ya ikut dikategori televisi. Wartawan media cetak, online dan radio juga begitu. Jurnalisme televisi jelas sangat beda dengan media lainnya, begitu pula media cetak, online dan radio,” ujar Kepala iNews TV Biro Jambi itu. ***

Kategori Lensa

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.