Rabu, 22 November 2017 | 23:19

Setiap Usai Wisuda Pencari Kerja Meningkat

Pegawai honorer mendaftar || ade kabuci
Pegawai honorer mendaftar || ade kabuci

MUARABULIAN — Dinas Sosnakertrans Batanghari merilis, angka pencari kerja selalu meningkat setiap usai wisuda. Angkanya naik sangat signifikan pada 2016 dibanding 2015.

“Terhitung Januari hingga akhir Oktober 2016, jumlah pencari kerja tercatat 2.166 orang,” kata Kasi Pembinaan Penempatan dan Pelatihan Produktifitas Tenaga Kerja Dinas Sosnakertrans Batanghari, Ramema Hutauruk.

Dinas Sosnakertrans Batanghari terus berupaya membantu memberi info lowongan pekerjaan. Pada 2015, jumlah pencari kerja di Batanghari 2.098 orang.

“Sepertinya akan terus meningkat sampai akhir tahun ini,” kata Ramema.

Pencari kerja didominasi lulusan SLTA. Jumlahnya 1436 orang. Sisanya pencari kerja lulusan Sekolah Dasar (SD), SLTP dan S-2.

“Rinciannya, berdasar kuisioner, ada yang ingin berkerja di perusahaan. Ada juga yang sudah kerja, tapi ingin pindah ke perusahaan lain,” ujar Ramema.

Dinas Sosnakertrans Batanghari membantu pencari kerja melamar ke perusahaan, termasuk melaksanakan program magang ke Jepang melalui Balai Latihan Kerja (BLK).

“Ini didukung sosialisasi hingga tingkat kelurahan saat ada lowongan dari perusahaan di wilayah kota dan kabupaten di Provinsi Jambi,” kata Ramema. (infojambi.com/D)

Laporan : Raden




Kategori Pendidikan dan Iptek

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.