Sherrin Harap Organisasi Wanita Aktif Gunakan Aplikasi Kriya Online

KOTAJAMBI — Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranada) Provinsi Jambi, Hj Sherrin Tharia Zola, berharap organisasi wanita se-Provinsi Jambi aktif menggunakan aplikasi kriya (produk kerajinan) online, mempromosikan dan menjual kriya Jambi melalui internet.

“Penggunaaan aplikasi kriya online, selain promosi, juga menambah penghasilan keluarga para pengrajin,” kata Sherrin saat registrasi organisasi wanita se-Provinsi Jambi dalam Sosialisasi Mobile Aplikasi Kriya dan Website Dekranas, Survey Directory Book dan Program Go Online Kemenkominfo, di Rumah Dinas Gubernur, Selasa (8/8/) sore.

Sherrin mengatakan, dengan kemajuan teknologi informasi, kaum perempuan dituntut lebih produktif dan membuka peluang ekonomi meningkatkan taraf hidup keluarga, serta memberi kontribusi lebih besar pada ekonomi dan sosial.

Acara ini dihadiri CEO Blanja.com, Aulia Ersyah Marinto, Direktur Pemberdayaan Kemenkominfo Septriana Trangkapy, Amelia Day, anggota Bidang Kreatif Dekranas Hj Ratu Munawaroh Zulkifli.

Sherrin mengharapkan kaum wanita di Provinsi Jambi dapat meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuannya terkait teknologi dan informasi, termasuk pemanfaatan mobile aplikasi.

“Kita tahu peran kaum perempuan dalam keluarga sebagai kunci keberhasilan dalam membangun masyarakat dan negara yang ideal. Kita tidak bisa lepas dari informasi dan teknologi, atas keterlibatan kaum wanita dalam pembangunan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi,” ujar Sherrin.

Di era globalisasi ini, kata Sherrin, teknologi informasi dan komunikasi sudah menjadi kekuatan perubahan terbesar dalam membuka pintu pengetahuan, baik positif dan negatif. Dengan kemajuan teknologi informasi, kaum perempuan dituntut lebih proaktif menjaga anak-anak terhadap dampak kemajuan teknologi.

“Di media sosial, internet, banyak sekali pesan hoax yang sangat mudah didapat. Ini perlu bimbingan orangtua. Melalui Dekranasda, saya himbau jaga anak-anak tidak terpengaruh informasi menyesatkan. Saya berharap generasi sekarang lebih baik dari kita dulu,” ujar Sherrin.

Sherrin menghimbau kaum ibu mengarahkan anak-anak memanfaatkan kemajuan teknologi, terutama teknologi informasi, sebagai nilai tambah bagi peningkatan ekonomi dengan cara menjual produk secara online.

Selain itu, Sherrin mengharapkan kaum wanita Jambi dapat meningkatkan kesadaran (awareness), pembelajaran (learning), dan penerapan dalam kehidupan pribadi dan masyarakat (implementation) serta mampu mensosialisasikan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang benar dan bijak.

Kepala Bidang Humas Publikasi dan Promosi Dekranas, Triana Rudiantara yang juga isteri Menteri Komunikasi dan Informatika, menjelaskan, sosialisasi dan pelatihan akan diarahkan kepada pengrajin dan pelajar, karena saat ini pengguna media online sangat tinggi.

“Para pengrajin dan usaha UMKM bisa memanfaatkan media online sebagai sarana promosi, jual beli barang produk yang dihasilkan oleh karya-karya anak Jambi ,dipasarkan secara nasional dan internasional,” ungkap Triana.

Triana mengemukakan, tujuan dilaksakan sosialisasi adalahuntuk membangun jejaringan digital dari pengrajin sampai ke Pemerintah Daerah dan Dekranasda sebagai upaya peningkatan ekonomi bagi pengrajin yang berkelanjutan dan terpadu.

Sementara itu, paparan rancangan buku “Directory Kriya” oleh Hj Ratu Munawarah Zulkifli, dalam kegiatan Mobilile Aplikasi Kriya dan Website Dekranas, sosialisasi Provinsi Jambi pertama kali dilakukan Dekranas.

“Dengan menggunakan aplikasi online karya-karya dan produk UMKM masyarakat Jambi dapat dilihat dan dibeli secara nasional maupun internasional,” ujar Ratu.

Usai sosialisasi, bersama organisasi wanita se-Provinsi Jambi, Triana Rudiantara dan rombongan didampingi Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Sherrin Tharia meninjau pengrajin batik di showroom Dekranasda Provinsi Jambi, di kawasan Thehok, Kota Jambi. (infojambi.com)

Penulis : Sapra Wintani || Foto : Mulyadi

 

Kategori Provinsi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.