Sherrin Himbau Kader Tingkatkan Penerapan 10 Program PKK

SENGETI — Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi, Hj. Sherrin Tharia Zola menghimbau para kader PKK untuk meningkatkan penerapan 10 program pokok PKK, degan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan keluarga. Sherrin Tharia mengharapkan supaya Jambore PKK juga dimaknai sebagai ajang untuk meningkatkan penerapan 10 program pokok PKK. Hal ini disampaikannya dalam Pembukaan Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2017, bertempat di Lapangan Pendopo Kantor Bupati Muaro Jambi, Sengeti, Selasa (4/4) pagi.

Kesepuluh Program Pokok PKK dimakdud adalah: 1.Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, 2.Gotong Royong, 3.Pangan, 4.Sandang, 5.Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga, 6.Pendidikan dan Ketrampilan, 7.Kesehatan, 8.Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, 9.Kelestarian Lingkungan Hidup, dan 10.Perencanaan Sehat

“Dalam kehidupan sehari-hari, masih banyak yang belum menerapkan 10 Program Pokok PKK. Melalui Jambore PKK, kita terapkan 10 program pokok PKK dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pelaksanaan Jambore PKK ini, mudah-mudahan dapat membuka cakrawala dan wawasan para kader semua untuk menerapkan 10 program pokok PKK dalam kehidupan sehari hari,” kata Sherrin Tharia.

Sherrin Tharia mengingatkan agar semua kader PKK tidak melupakan 10 Program Pokok PKK.

Sherrin ThRI menyatakan, peran serta PKK dalam pembangunan sangat penting, terutama dalam membangun keluarga yang sejahtera, dimana keluarga sejahtera dapat terbentuk, tidak lepas dari peran kader PKK dalam menggerakkan masyarakat melalui 10 program pokok PKK.

Dikatakan oleh Sherrin Tharia, demi terciptanya sumberdaya manusia yang diharapkan, dalam artian yang berkualitas, berawal dari lingkungan terkecil yaitu keluarga, dan rendahnya mutu sumber daya manusia generasi penerus, terkait masalah pendidikan dan kesehatan, serta pembinaan yang diberikan oleh keluarga.

“Saya ucapkan terima kasih kepada TP PKK Kabupaten Muaro Jambi atas terselenggaranya Jambore PKK, yang dapat memberikan motivasi kepada para kader PKK untuk lebih pro aktif dalam menjalankan fungsinya,”ujar Sherrin Tharia.

Lebih lanjut, Sherrin Tharia mengemukakan, Jambore PKK merupakan ajang silahturahmi sesama kader PKK, menjadi wahana untuk bertukar pikiran dan berdiskusi dalam menjalankan ativitas sehari-hari sebagai kader PKK, serta ajang peningkatan semangat dan kinerja para kader PKK dalam mewujudkan keluarga sejahtera yang beriman dan bertaqwa.

“Kita, para kader PKK perlu bekerja lebih keras lagi, terutama dalam mengaktifkan kembali Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), dengan mengajak ibu hamil untuk memeriksa kehamilannnya, memberikan imunisasi kepada bayi setiap bulan. Para kader PKK perlu dibekali teknik dan pengetahuan yang relevan, agar masyarakat mau menerima pesan yang kita sampaikan,” ungkap Hj. Sherrin.

Penjabat (Pj) Bupati Muaro Jambi, Kailani, SH, M.Hum menyampaikan, PKK merupakan salah satu motor pembangunan di daerah, khususnya Kabupaten Muaro Jambi, dan peran serta PKK melalui 10 program pokok PKK, sangat membantu dalam kegiatan pembangunan di daerah.

“Pembangunan pada dasarnya, kita memperkuat komitmen keluarga di seluruh wilayah, untuk menjadikan keluarga yang cerdas, sehat, sakinah, mawadah dan warrahmah menuju ketahanan keluarga,” ujar Kailani.

“PKK Kabupaten Muaro Jambi sebagai mitra pembangunan pemerintahan Kabupaten Muaro Jambi memiliki komitmen untuk ikut mensukseskan program Jambi TUNTAS,” lanjut Kailani.

Ketua TP PKK Kabupaten Muaro Jambi, Hj. Efriyati Kailani, SH mengatakan, Jambore PKK Kabupaten Muaro Jambi diikuti kader PKK dari 11 Kecamatan yang ada di Kabupaten Muaro Jambi. Kader PKK tersebut, kata Efriyati, yang menggerakkan keluarga agar melaksanakan 10 program pokok PKK, serta mencatat data kegiatan yang dikemas dalam sistem informasi manajemen PKK, untuk dijadikan data yang akurat.

“Para kader PKK merupakan lini terdepan dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK, karena tanpa keaktifan dan kerja keras para kader PKK, 10 program pokok PKK tidak dapat berjalan dengan baik,” tutur Efriyati. (infojambi.com)

Penulis : Richi

 

Kategori Provinsi

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.