SKK Migas – PetroChina Dorong Penguatan Kelembagaan Koperasi KS3B

Penulis : Henrosta | Editor : Dodik

INFOJAMBI.COM – SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd menggelar pelatihan penguatan kelembagaan Koperasi Syariah Srikandi Sukses Bersama (KS3B), di aula Kantor Bersama Pemkab Tanjabtim, Sabtu (11/9/2021).

Dalam pelatihan ini SKK Migas – PetroChina bekerjasama dengan Dinas Koperasi Tanjabtim dan Dewan Koperasi Provinsi Jambi. Tampil sebagai narasumber, Kadis Koperasi Tanjabtim Drs Syahbudin dan Dewan Koperasi Provinsi Jambi DR Rafida.

Ade Jermawinsyah Zebua SE MM selaku mitra SKK Migas – PetroChina mengatakan, program yang dilakukan terhadap penguatan kelembagaan koperasi ini untuk pengembangan pemberdayaan masyarakat, dengan tema Koperasi Syariah Sejahtera Untuk Negeri (Kopiah Santun).

“Kegiatan ini meliputi pelatihan, keuangan, manajemen, kewirausahaan, pengembangan pemasaran kemasan manual maupun secara digital dan pengembangan usaha lainnya,” Kata Ade.

PetroChina Jabung Ltd terus mendorong penguatan kelembagaan Koperasi KS3B, yang merupakan Koperasi Binaan PetroChina, dengan melakukan pendampingan hingga lebih berkembang dan mampu bersaing kedepannya.

“Kami terus mendorong kelembagaan koperasi KS3B ini dengan melakukan penguatan kelembagaan hingga mereka bisa lebih mandiri dan mampu bersaing serta mensejahterakan anggotanya,” ucapnya.

Kadis Koperasi Tanjabtim, Syahbudin, mengucapkan terimakasih kepada PetroChina atas bimbingan dan pembinaan kepada koperasi di Tanjabtim, khususnya Koperasi KS3B.

Menurutnya, hal ini sangat membantu pemerintah daerah terkait pengembangan ekonomi masyarakat melalui bidang Koperasi.

“Dalam era seperti saat ini yang menjadi tantangan koperasi yaitu internal, eksternal dan globalisasi. Untuk menyiasati tantangan tersebut perlu dilakukan pelatihan, pendampingan, dan penyuluhan seperti yang dilaksanakan PetroChina,” katanya.

KS3B mulai berdiri tahun 2017. Dari awal merintis hingga berkembang sampai saat ini, KS3B selalu diberi pendampingan oleh PetroChina.

Koperasi KS3B beralamat di Kelurahan Pandan Jaya, Kecamatan Geragai, dengan berbagai macam unit usaha, diantaranya warung serba ada (waserda), ternak madu, dan simpan pinjam syariah.

“KS3B sangat mengucapkan terima kasih kepada PetroChina sehingga alhamdulilah bisa berkembang seperti saat ini. PetroChina banyak membantu kami, baik dari permodalan, pengembangan usaha maupun pelatihan teknis, agar koperasi kami mampu bersaing dengan koperasi lainya,” ungkap Ketua KS3B, Syamsul Hadi. ***

 

Kategori Petrochina

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.