SKK Migas – PetroChina Dukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Penulis : Tim Liputan
Editor : Dora

INFOJAMBI.COM — SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd mendukung penuh Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Program ini diluncurkan Pemerintah Kabupaten Tanjungjabung Timur, sekaligus memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-55.

Pihak PetroChina hadir dalam acara launching Germas di Lapangan Kantor Bupati Tanjungjabung Timur, Kamis (21/11/2019). Pihak PetroChina diwakili oleh Abdul Rakhman dan Marhadi.

Germas merupakan gerakan memasyarakatkan budaya hidup sehat. Dalam gerakan ini masyarakat berkomitmen meninggalkan kebiasaan hidup yang kurang sehat. Perubahan hidup masyarakat yang modern menjadi salah satu alasan Kementerian Kesehatan mencanangkan program ini.

Tahun ini Kabupaten Tanjungjabung Timur dijadikan lokus program Germas. Pelaksanaan program Germas fokus pada tujuh langkah penting, yakni aktivitas fisik, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, pemeriksaan kesehatan berkala, menjaga kebersihan lingkungan, dan menggunakan jamban sehat.

Wakil Bupati Tanjungjabung Timur, H Robby Nahliansyah mengajak semua masyarakat Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung meningkatkan kesadaran pada hidup sehat. Robby berharap bisa bekerja sama yang baik dalam melakukan upaya inovasi, untuk percepatan pembangunan kesehatan tanpa menyalahi aturan.

Robby mengapresiasi launching program Germas ini sebagai wujud peran serta mengangkat derajat kesehatan masyarakat Tanjungjabung Timur.

Gubernur Jambi diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, H Ahmad Bastari menyebutkan, program Germas ini sangat sistematis dan terencana yang dilakukan bersama oleh seluruh komponen bangsa.

Dengan program ini, kata Gubernur, kesehatan masyarakat tetap terjaga, lingkungan bersih dan sehat, serta masyarakat menjadi produktif dan inovatif.

“Kalau sudah berhasil, dampak jangka panjangnya biaya pengobatan yang menjadi permasalahan bisa berkurang,” kata Bastari.

Pemerintah menerbitkan Instruksi Presiden nomor 01 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan memfokuskan pada tujuh kegiatan utama. Dengan kegiatan ini, secara tidak langsung mencegah menularnya penyakit, sehingga produktivitas masyarakat meningkat dan beban biaya pengobatan berkurang.

Menindaklanjuti inpres itu, Pemerintah Provinsi Jambi menerbitkan Peraturan Gubernur Jambi nomor 1 Tahun 2018 tentang Germas. Sampai tahun ini Pemerintah Provinsi Jambi telah mencanangkan di tujuh kabupaten/kota, termasuk Tanjungjabung Timur.

Launching Germas diawali dengan senam Germas, dilanjutkan makan buah bersama, pengguntingan pita dan pelepasan balon Germas.

Selain itu juga ada penandatanganan komitmen Germas dalam pencegahan dan penurunan stunting, serta peresmian Rumah Tunggu Kelahiran dan Rumah Desa Sehat, peninjauan stan pameran, diakhiri dengan penyerahan kartu BPJS dan doorprize. ***

Kategori Petrochina

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.