Minggu, 16 Desember 2018 | 00:02

SKK Migas – PetroChina Kampanyekan Pengelolaan Sampah

Penulis : Willy
Editor : DoRa

INFOJAMBI.COM – PetroChina International Jabung Ltd kembali membuktikan kepeduliannya terhadap lingkungan. Perusahaan yang baru saja mengajak masyarakat untuk mengendalikan sampah plastik. Kini PetroChina memberikan pelatihan kepada petugas kebersihan di Kabupaten Tanjabtim, untuk mendaur ulang sampah sehingga memiliki nilai. Kegiatan ini dilaksanakan Senin (26/11/2018).

Pelatihan berlangsung dua hari ini dipusatkan di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Keluarahan Parit Culum I, Kecamatan Muarasabak Barat. Narasumbernya dari CV. Timdis yang bermarkas di Yogyakarta dan merupakan salah satu anggota Asosiasi Pengusaha Daur Ulang Plastik Indonesia (APDUPI). PetroChina pun memberikan bantuan, berupa mesin pres sampah dan mesin pembuat pupuk organik.

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini memberi manfaat bagi kita semua. Selain bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang sehat, daur ulang sampah juga dapat menambah penghasilan para petugas kebersihan,” ujar Andi Gustawan, selaku Superintendent Environmental PetroChina International Jabung Ltd.

PetroChina akan selalu berkomitmen untuk membantu setiap program pemerintah. Tak terkecuali di bidang lingkungan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kecil menengah.

Pelatihan daur ulang sampah yang dimotori PetroChina ini mendapat sambutan hangat para petugas kebersihan. Petugas kebersihan di Kabupaten Tanjabtim yang mayoritas kaum hawa ini mengaku lebih semangat lagi dalam melakukan tugasnya sehari-hari.

“Ternyata sampah juga bisa menghasilkan uang, kalau kayak gini kami nambah semangat lagi kerjanya,” kata Nurhayati yang diamini para peserta lainnya sembari tersenyum.

Pelatihan daur ulang diawali dengan pemaparan terkait objek sampah itu sendiri, mulai dari kategori sampah, kemudian sampah yang memiliki nilai jual, hingga teknis proses pendauran ulang sampah menggunakan mesin bantuan dari PetroChina.

Kegiatan ini berlanjut Selasa (27/11/2018). Pelatihan pengelolaan sampah dipusatkan di kantor Badan Lingkungan Hidup Tanjabtim di Muarasabak.

“Kegiatan hari ini lebih pada edukasi masyarakat, khususnya anak usia dini bagaimana pentingnya gaya hidup ramah lingkungan,” kata Gustin Wahyudi, Kepala BLH Tanjabtim. ***


Kategori Petrochina

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.