SKK Migas – PetroChina Latih Pewarnaan Batik Berbahan Alami

Penulis : Tim Liputan
Editor : Dora

INFOJAMBI.COM — SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd bersama Sigma dari Solo, mengadakan pelatihan pewarnaan batik menggunakan bahan-bahan alami, di Desa Pemusiran, Nipah Panjang, Tanjungjabung Timur, Selasa (24/12/2019).

Pelatihan diikuti antusias puluhan pengrajin di Kabupaten Tanjabtim. Hadir Ketua Dekranasda Tanjabtim, Hj. Wirdayanti Romi, Kadis Perindag, camat, kades dan pengrajin batik binaan PetroChina.

Ketua Dekranasda Tanjabtim, Wirdayanti, mengucapkan terimaksih kepada pihak PetroChina yang selalu membantu pemerintah daerah meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di Tanjabtim. Dia berharap kegiatan ini terus berkesinambungan.

“Saya minta kegiatan ini tidak hanya dilakukan satu tahun sekali, tapi dua tahun sekali,” kata isteri Bupati Tanjungjabung Timur itu sebelum membuka pelatihan.

Kepala Dinas Perindag Tanjabtim, Hero Suratman juga mengucapkan terimakasih kepada PetroChina. Pemkab Tanjabtim diundang untuk hadir pada pembukaan pelatihan pewarnaan membatik ini.

“Terima kasih kepada PetroChina. CSR-nya sudah berjalan tiga tahun dan selalu memberi manfaatn bagi masyarakat, termasuk pelatihan pewarnaan batik ini,” ujar Hero.

Pengrajin batik yang ada di Desa Pemusiran merupakan pengrajin aktif. Para pengrajin di daerah ini diharap dapat mengembangkan berbagai motif batik ciri khas Kabupaten Tanjabtim.

“Kami mengingatkan kembali kepada para pengrajin batik, kita ada asosiasi pengrajin batik. Saya harap nanti semuanya bergabung dalam asosiasi itu,” jelas Hero.

Camat Nipah Panjang, Andi Helmi, menyambut baik kegiatan ini. Pemerintah Kecamatan Nipah Panjang, mulai dari perangkat desa, kelurahan, dusun, RW, RT, hingga BPD, tahun 2020 nanti akan menganggarkan pakaian batik dan membelinya di Desa Pemusiran.

Di Desa Pemusiran ada dua kelompok penarajin batik. Kedua kelompok ini diharap bisa berkembang, saling bermotivasi dan meningkatkan peluang ekonomi serta menambah pekerjaan masyarakat, agar batik di desa ini lebih dikenal.

Action Government and Relation Superintendent PetroChina International Jabung Ltd, Fauzan, menegaskan bahwa pelatihan ini akan terus dilaksanakan oleh PetroChina, sebagai pemberdayaan masyarakat, terutama membatik menggunakan pewarna alami.

“Ini yang ketiga kalinya kami adakan. Pertama, pengenalan batik. Kedua, lanjutannya, dan ketiga pewarnaan batik,” jelas Fauzan.

Fauzan mengatakan, dengan kegiatan ini PetroChina mengharapkan dapat memperbaiki dan meningkatkan tingkat ekonomi masyarakat yang sekitar wilayah kerja SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd.

“Kami ingin meningkatkan ekonomi masyarakat Tanjabtim supaya kedepanya lebih baik lagi,” ujar Fauzan.

Dalam pelatihan ini warga diberi pembekalan cara memberi warna batik menggunakan bahan-bahan alami. Selain itu para pengrajin juga diberikan bantuan berupa alat-alat membatik. ***

Kategori Petrochina

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.